Hebat! MIN Pekalongan Pekalongan Berhasil Raih 2 Kategori Juara Video Pendidikan Karakter

Hebat! MIN Pekalongan Pekalongan Berhasil Raih 2 Kategori Juara Video Pendidikan Karakter

DOK - Salah satu potongan adegan dari vidio pendidikan karakter di MIN Pekalongan-Tangkap layar -DOK MIN Pekalongan

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - MIN Pekalongan berhasil meraih dua kategori juara dalam lomba video program unggulan Madrasah Ibtidaiyah (MI) tingkat Kabupaten Pekalongan. MIN Pekalongan mengusung program unggulan penguatan pendidikan karakter sebagai tema. Dua kejuaraan yang berhasil diraih adalah juara 2 video terbaik dan juara video favorit. 

Lomba video program unggulan madrasah merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan untuk menyambut peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Ke-78 yang akan jatuh pada tanggal 3 Januari 2024. Lomba diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agaman Kabupaten Pekalongan dengan koordinator pelaksana dari Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kabupaten Pekalongan. Peserta lomba adalah Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Pekalongan perwakilan masing-masing wilayah kerja / kecamatan. Ketentuan video yang dibuat berdurasi 7 sampai 10 menit berisi sekilas profil dan liputan tentang program unggulan madrasah kemudian diunggah di YouTube.

Untuk menentukan 3 besar video terbaik dilakukan penilaian oleh tim juri dengan kriteria penilaian dari aspek kesesuaian tema, gagasan, manfaat dan nilai pesan, kualitas video audio, serta portofolio. Berdasarkan penilaian tersebut MIN Pekalongan mendapatkan total nilai 271,15 ditetapkan sebagai juara 2. Nilai tertinggi diraih oleh MIS Karanganyar sebagai juara 1 dengan total nilai 279,25, dan juara 3 diraih oleh MIS Waru Lor dengan total nilai 233,05. Selain dilakukan penilaian oleh tim juri, panitia juga memberikan kesempatan kepada pengguna media sosial untuk menentukan juara video favorit melalui perolehan jumlah like terbanyak. Dari hasil rekap tim juri, MIN Pekalongan ditetapkan sebagai juara favorit dengan perolehan jumlah like tertinggi sebanyak 2600 like.

BACA JUGA:Peringati Hari Amal Bhakti Ke-78, Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Gelar Olimpiade Sains Guru dan Siswa

BACA JUGA:Wow! Gelar P5, SMK Muhammadiyah Karanganyar Angkat Kearifan

Video Pendidikan Karakter MIN Pekalongan dibuat dengan konsep yang runtut, rapi, serta artistik. Terdapat beberapa bagian video yang mengandung nilai pendidikan dan sangat menginspirasi. Nilai-nilai karakter dijabarkan dengan narasi yang jelas. Nilai karakter tersebut diantanya adalah nilai karakter religius, sopan santun, mandiri, percaya diri, berani, semangat berkarya, pantang menyerah, menghargai prestasi, kerjasama, gotong royong, solidaritas, peduli lingkungan dan kesehatan, budaya literasi, serta nasionalisme.

 

Kepala MIN Pekalongan, Hj. Siti Samsiyah, S.Pd.I, M.Pd menyampaikan apresiasi kepada tim kreatif yang telah membuat video sehingga berhasil meraih dua kategori juara. Ucapan terima kasih ia sampaikan kepada semua guru dan tenaga kependidikan, para siswa, dan orang tua yang turut mendukung hingga diraihnya keberhasilan ini. Ia juga menyampaikan harapan sesuai dengan isi video, MIN Pekalongan ke depan agar dapat terus konsisten dan lebih baik dalam menerapkan pola pendidikan karakter untuk mewujudkan generasi yang berkualitas sesuai visi MIN Pekalongan yaitu mewujudkan peserta didik yang religius, berkarakter, berprestasi, dan berbudaya lingkungan.

 

Hal senada disampaikan oleh ketua tim kreatif. "Kita memutuskan pendidikan karakter sebagai tema yang kita angkat dalam video dengan alasan bahwa pendidikan karakter merupakan hal penting yang harus ditanamkan agar peserta didik bukan hanya cerdas secara pengetahuan tapi juga memiliki sikap, kebiasaan, dan budaya yang baik, di mana saat ini tantangan untuk mewujudkan hal tersebut semakin besar seiring dengan perkembangan era globalisasi. Alhamdulillah, tema tersebut berhasil memikat perhatian tim juri dan masyarakat luas sehingga video MIN Pekalongan meraih juara 2 terbaik dan juara favorit", tutur Yusrol Hafidz.(mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: