BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan Edukasi Pedagang Pasar Kedungwuni

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan Edukasi Pedagang Pasar Kedungwuni

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan mengedukasi pedagang Pasar Kedungwuni tentang manfaat mengikuti program jaminan sosial ketenagakerjaan, Kamis, 21 Desember 2023. Salah satu kegiatannya dengan senam bersama pedagang.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan memberikan edukasi kepada pedagang Pasar Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Kamis, 21 Desember 2023. Para pedagang ini merupakan para pencari nafkah yang berhak mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Edukasi dilakukan tim BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan langsung di kompleks Pasar Kedungwuni. Sosialisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan ini dikemas dalam bentuk senam bersama pedagang dan hiburan musik. 

Para pedagang tampak antusias mengikuti senam bersama tim BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan. Bahkan, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pekalongan, Farah Diana, ikut membaur bersama para pedagang saat senam bersama. 

Tak hanya itu, para pedagang juga terhibur dengan adanya sosialisasi itu. Sebab, mereka bisa menyumbangkan suara emasnya dalam kegiatan sosialisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga:2.100 Takmir Musala Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pekalongan, Farah Diana, ditemui disela-sela sosialisasi, menyampaikan, kehadiran tim BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan untuk memberikan edukasi tentang manfaat program BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh pedagang di Pasar Kedungwuni. 

"Kami di sini ada tim kepesertaan, ada tim lainnya, menyasar para pedagang di sini. Selain melakukan sosialisasi, kami juga memberikan hiburan kepada para pedagang," kata Farah. 

Tim BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekalongan mendatangi langsung para pedagang di pasar, karena mereka sedang bekerja. "Jadi kami mendatangi mereka untuk menjelaskan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan," ujar dia.

Dikatakan, pihaknya menawarkan manfaat program bahwa para pedagang ini berhak mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan. Manfaatnya itu adalah jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan jaminan hari tua. 

Baca lagi:817 Pekerja Rentan Diikutsertakan JKK dan JKM Didanai APBD

"Kenapa kami tawarkan kepada mereka? Supaya mereka ini tahu hakikatnya seorang pekerja itu berhak mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan," katanya. 

Menurutnya, untuk mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan sangat mudah dan biayanya sangat terjangkau. Pedagang bisa datang ke konter yang disediakan pihaknya di kegiatan itu, atau datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan di Pekalongan.

"Ini tinggal menunjukkan KTP saja. Nanti dilakukan pendaftaran oleh teman-teman. Pembayarannya hanya 16.800, iurannya itu terdiri dari santunan kecelakaan kerja dan santunan kematian sejumlah 16.800. Jadi kalau mau ditambahkan tabungan hari tua, tinggal ditambahkan 20 ribu. Jadi 36.800," terang dia.

Disebutkan, untuk jaminan kecelakaan kerja, mereka akan mendapatkan fasilitas pelayanan di rumah sakit sampai dengan sembuh tanpa ada batasan biaya. Standarnya di rumah sakit kelas 1 di pemerintah dan kelas 2 itu di rumah sakit swasta. "Akan dilakukan pelayanan rawat inap sampai dengan sembuh atapun rawat jalan pun sampai dengan sembuh," kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: