7 Camilan Sehat untuk Lansia, Cocok Dikonsumsi dan Aman untuk Kadar Gula Darah dan Kolesterol

7 Camilan Sehat untuk Lansia, Cocok Dikonsumsi dan Aman untuk Kadar Gula Darah dan Kolesterol

camilan sehat untuk lansia --freepik.com/prostooleh

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Lansia yang berusia di atas 60 tahun seringkali mengalami kesulitan mengunyah, oleh karena itu sangat penting untuk menyiapkan camilan sehat untuk Lansia.

Selain makanan berat, ada kalanya lansia membutuhkan makanan tambahan seperti jajanan sehat yang dikhususkan untuk lansia.

Sebelum membuat makanan untuk lansia, ada baiknya untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi dan mulut pada lansia. Hal ini bertujuan untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang cocok untuk lansia.

Perhatikan juga nilai gizi dan nutrisinya, penting untuk tidak membuat makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh lansia seperti daging merah, makanan olahan, dan makanan manis.

Beberapa jenis makanan berikut ini dapat dijadikan sebagai cemilan atau cemilan sehat bagi lansia untuk membantu program diet dan mengurangi risiko berbagai jenis penyakit seperti tekanan darah tinggi, jantung hingga kanker.

Memberikan makanan ringan kepada lansia dapat membantu mereka tetap kenyang lebih lama sehingga mencegah makan berlebihan.

Dengan begitu, manula atau lansia yang mengidap diabetes bisa memiliki kadar gula darah yang lebih stabil. 

BACA JUGA:6 Jajanan Sehat untuk Lansia, Cocok Dikonsumsi Agar Tubuh Sehat Melalui Makanan Ringan

BACA JUGA:Waspada! Ternyata Inilah 6 Jajanan Pasar Penyebab Kolesterol Naik yang Harus Dihindari

7 Camilan Sehat untuk Lansia

Setiap lansia memiliki pantangan makanan yang berbeda-beda tergantung kondisi kesehatannya.

Jadi penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi tentang jajanan yang boleh atau tidak boleh dikonsumsi dan mengetahui berapa banyak yang harus dikonsumsi.

1. Anggur atau pisang

Buah anggur diketahui memiliki banyak manfaat seperti mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, melawan penuaan, menjaga kesehatan otak sehingga terhindar dari risiko pikun dan menurunkan kadar kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: