7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung, Bagus Dikonsumsi Lansia

7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung, Bagus Dikonsumsi Lansia

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung--freepik.com/jcomp

Alih-alih mengonsumsi makanan dengan lemak jenuh, kamu bisa menggantinya dengan makanan berprotein tinggi seperti ikan setidaknya dua kali seminggu.

BACA JUGA:Manfaat Pisang untuk Pria, Baik untuk Jantung sampai Meningkatkan Stamina

BACA JUGA:Lansia Wajib Tahu! 4 Manfaat Pisang untuk Lansia, Dapat Tingkatkan Tekanan Darah dan Penyakit Jantung

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Selain pola makan, jenis makanan juga mempengaruhi kesehatan jantung. Berikut adalah beberapa makanan untuk kesehatan jantung.

1. Sayuran Segar

Kamu dapat memasukkan sayuran segar ke dalam makanan harianmu, karena nilai gizinya penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Sayuran segar berwarna merah, kuning dan jingga seperti wortel, ubi jalar, paprika merah dan tomat mengandung berbagai nutrisi yang membantu menjaga kesehatan jantung.

Sedangkan sayuran hijau seperti bayam, lobak, sawi, kangkung dan pakkoi merupakan sumber vitamin K, yang membantu melindungi pembuluh darah dan mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, sayuran hijau kaya akan nitrat, yang telah terbukti menurunkan tekanan darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

Jenis sayuran hijau lainnya, seperti brokoli dan asparagus, kaya akan vitamin C dan E, potasium, asam folat, kalsium, dan serat yang baik untuk jantung.

2. Buah-buahan

Buah-buahan seperti jeruk, melon, dan pepaya kaya akan beta-karoten, potasium, magnesium, dan serat yang baik untuk kesehatan jantung.

Selain ketiga buah tersebut, beberapa jenis buah beri dengan kandungan fitonutrien yang tinggi yaitu blueberry, strawberry, blackberry atau raspberry juga bisa baik untuk jantung.

3. Sereal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: