Hindari! 5 Sikap Buruk dalam Komunikasi Ini Bisa Buat Orang Malas Berbicara Denganmu

Hindari! 5 Sikap Buruk dalam Komunikasi Ini Bisa Buat Orang Malas Berbicara Denganmu

Sikap buruk dalam komunikasi--freepik.com

Sikap keras kepala ini akan membuat rekan bicaramu merasa tidak dihargai karena tidak pernah didengarkan olehmu. Mereka pun berakhir memutuskan untuk tidak lagi berkomunikasi denganmu.

Judging

Orang sudah pasti akan menghindari aktivitas komunikasi denganmu jika kamu sangat mudah menghakimi mereka. Terlebih memberikan dukungan untuk cerita sedih, memberi saran di tengah kebingungan, atau sekadar menertawakan hal konyol, kamu justru memberikan penilaian yang membuat orang lain merasa rendah.

Dengan sikap buruk dalam komunikasi ini, kamu cenderung menyudutkan lawan bicaramu. Akibatnya, dibandingkan menjadi rekan yang menyenangkan dalam berbicang, kamu justru menebarkan energi negatif yang membuat suasana hati lawan bicaramu memburuk.

Jika kamu tidak mengubah sikap ini, maka orang-orang cenderung enggan memiliki hubungan yang dekat denganmu.

Egois

Kamu hanya ingin didengar dan tidak mau mendengarkan. Dalam setiap percakapan yang tercipta, kamu selalu berusaha untuk membuat jalan ceritanya selalu tentangmu. Entah terkait kesedihan, kebahagiaan, pencapaian, dan lainnya.

Jika topik pembicaraan sedikit saja mengarah pada lawan bicaramu, kamu akan segera membelokkannya sehingga dirimu kembali menjadi tokoh utama. Inilah salah satu sikap buruk dalam komunikasi sehingga orang lain malas mengobrol denganmu.

Ingat, kamu berbicara kepada manusia dan bukan buku diary. Mereka juga berhak untuk didengarkan dan terlibat aktif dalam proses komunikasi kalian.

BACA JUGA Gunakan 5 Trik Komunikasi Persuasif untuk Meyakinkan Orang, Buat Mereka Mengikuti Kemauanmu!

Pasif

Jika semua sikap buruk dalam komunikasi yang sudah dijabarkan sebelumnya mengarah pada partisipasi yang terlalu aktif, maka bersikap pasif juga merupakan sikap buruk dalam komunikasi sehingga orang lain malas menceritakan kisahnya kepadamu.

Dalam hal ini, kamu memberikan tanggapan seadanya dan cenderung bermalas-malasan. Kamu tidak menghargai mereka dengan respons ogah-ogahan yang kamu berikan tersebut.

Akibatnya, lawan bicaramu enggan membuka topik baru karena merasa lelah sendiri dengan responsum itu.

Itulah beberapa sikap buruk dalam komunikasi yang perlu kamu pahami untuk kemudian kamu hindari. Dengan begitu, kamu dapat meminimalisir kemungkinan orang-orang malas berkomunikasi denganmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: