Hindari! 5 Sikap Buruk dalam Komunikasi Ini Bisa Buat Orang Malas Berbicara Denganmu

Hindari! 5 Sikap Buruk dalam Komunikasi Ini Bisa Buat Orang Malas Berbicara Denganmu

Sikap buruk dalam komunikasi--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Bagaimana jika seseorang memiliki sikap buruk dalam komunikasi, sehingga membuat orang lain enggan berbicara dengan mereka? Padahal, komunikasi merupakan aspek penentu hubungan manusia.

Hubungan dengan siapa pun itu akan tercipta dengan baik jika dimulai dengan obrolan atau perbincangan baik yang tercipta. Kemungkinan besar, hubungan baik yang erat akan sulit terbangun jika dari cara saling berkomunikasi saja sudah buruk.

Salah satu hal yang membuat komunikasi tidak lancar dan menghambat terbentuknya hubungan baik adalah karena adanya sikap buruk dalam komunikasi.

Kamu mungkin tidak menyadari jika ternyata kamu memiliki sikap buruk dalam komunikasi itu. Bisa jadi, hal tersebut merupakan sebuah ketidaksengajaan.

Akan tetapi, perlu bagimu untuk peka terhadap sikap buruk dalam komunikasi yang bisa jadi ada dalam dirimu. Sebab, jika kamu membiarkannya, orang-orang akan semakin malas berbicara denganmu.

Oleh karenanya, berikut akan disajikan beberapa contoh sikap buruk dalam komunikasi sehingga kamu bisa menilai dirimu sendiri.

Yuk, simak demi kebaikan hubungan sosialmu!

BACA JUGA Tanpa Paksaan! Ada 5 Cara untuk Menjadi Komunikator Persuasif Agar Mudah Membujuk Orang Lain

Angkuh

Perasaan ingin dihargai dalam diri seseorang sangatlah wajar. Akan tetapi, hal ini bisa menjadi berita buruk jika bertransformasi pada sikap angkuh dan memandang rendah orang lain.

Sikap buruk dalam komunikasi berupa keangkuhan ini bisa membuat lawan bicaramu tidak nyaman dan terluka harga dirinya. Akibatnya, mereka akan memilih tidak berbicara denganmu daripada harus mendengar semua bualan dan topik obrolan yang hanya berpusat padamu.

Sikap angkuh ini bisa juga berupa nada bicaramu, pemilihan kata, hingga gestur yang menunjukkan bahwa kamu merasa lebih superior daripada lawan bicaramu.

Keras Kepala

Kamu hanya peduli pada pendapatmu sendiri dan mengabaikan ucapan orang lain, itulah sikap buruk dalam komunikasi yang membuat orang malas berbincang denganmu. Dibanding bertukar pikiran, sikap yang satu ini justru mendorong pemiliknya untuk mendewakan sudut pandangnya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: