3 Tips Membaca Ekspresi Wajah dalam Komunikasi, Menjadi Lebih Peka Agar Tidak Salah Bicara

3 Tips Membaca Ekspresi Wajah dalam Komunikasi, Menjadi Lebih Peka Agar Tidak Salah Bicara

Cara membaca ekspresi wajah dalam komunikasi--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Terkadang, orang tidak mampu mengekspresikan perasaan dan pikiran dengan kata-kata, sehingga kamu perlu membaca ekspresi wajah dalam komunikasi untuk mengetahui makna yang sebenarnya dari pesan lawan bicaramu.

Kemampuan membaca ekspresi wajah dalam komunikasi merupakan hal yang sangat penting.

Sebab, dalam komunikasi manusia tidak hanya melibatkan kata-kata, tetapi juga bahasa nonverbal yang salah satunya adalah ekspresi wajah.

Terkadang, ekspresi wajah bahkan lebih jujur dan memiliki makna yang lebih kaya dibandingkan dengan kata-kata atau bahasa verbal

Oleh karenanya, jika kamu ingin menjadi lebih peka dan tidak salah bicara ketika berkomunikasi yang membuat suasana menjadi runyam, kamu perlu belajar untuk bisa membaca ekspresi wajah dalam komunikasi.

Berikut akan disajikan panduan yang bisa kamu gunakan untuk membaca ekspresi wajah dalam komunikasi. Ada tiga bagian wajah yang perlu kamu perhatikan. Jangan lewatkan satu pun poinnya, ya!

BACA JUGA 4 Manfaat Komunikasi Efektif dalam Keseharian, Sangat Berguna untuk Kehidupan Sosialmu!

Alis

Alis adalah salah satu bagian utama dari ekspresi wajah yang menunjukkan sinyal emosional yang khas. Kedudukan alis dalam hal ini sama pentingnya dengan mata untuk mengenali makna dari ekspresi tertentu dari ekspresi wajah manusia.

  • Kamu bisa menganalisis alis untuk membaca ekspresi wajah dalam komunikasi dengan panduan ini.
  • Alis yang diangkat dan dilengkungkan menunjukkan keterkejutan.
  • Alis yang diturunkan sering kali berarti kemarahan, kesedihan, atau ketakutan.
  • Alis yang dibentuk di sudut dalam biasanya menyampaikan kesedihan.

Mata 

Tentu saja, bagian wajah yang satu ini tidak bisa diabaikan ketika hendak membaca ekspresi wajah dalam komunikasi.

Sebagaimana pepatah lama yang mengatakan bahwa mata adalah jendela hati, kamu bisa menemukan berbagai macam ekspresi dengan menganalisis bagian wajah yang satu ini.

Kamu sering kali bisa mengetahui apa yang dilihat dan dirasakan oleh orang lain melalui tatapan mata meski mereka tidak mengungkapkannya dengan kata-kata.

Oleh sebabnya, jika kamu hendak memahami lawan bicaramu dengan lebih baik lagi untuk kemudian memberikan respons yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: