Tahap 1 Rampung, 94 Ribu Anak di Batang Bakal Diimunisasi Polio Tahap 2

Tahap 1 Rampung, 94 Ribu Anak di Batang Bakal Diimunisasi Polio Tahap 2

Tahap 1 Rampung, 94 Ribu Anak di Batang Bakal Diimunisasi Polio Tahap 2-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN.DISWAY.ID - Setelah tahap 1 rampung, 94 Ribu anak di BATANG bakal diimunisasi polio tahap 2. Nantinya tahap 2 ini akan dimulai pada 19 Februari 2024 mendatang. 

Pelaksana Tugas Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Batang Ery Saraswanto menyebut, sudah ada sekitar 94.509 anak usia 0-7 Tahun di Batang yang mendapatkan imunisasi polio tahap 1. 

"Untuk tahap 1 sudah kami rampungkan. Total ada sekitar 94.509 yang menjadi sasaran imunisasi tahap 1. Untuk tahap 2 ini sasaran utamanya adalah anak yang sudah mengikuti imunisasi tahap 1," ujar Ery saat diwawancarai Radar Pekalongan, Senin 29 Januari 2024. 

Ery menambahkan, imunisasi polio tahap 2 ini wajib diikuti oleh anak yang sudah menerima imunisasi tahap 1. Karena pemberiannya vaksin ini harus lengkap. 

"Untuk sasaran utamanya yang sudah imunisasi tahap 1. Tapi kalau memang ada anak usia 0-7 tahun yang belum mendapatkan sasarannya bisa bertambah," imbuhnya. 

Saat pencanangan tahap 1 beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Didiet Wisnuhardanto menyampaikan, imunisasi polio atau PIN Polio ini akan dilakukan dalam dua tahap. Pertama dimulai pada 15 Januari 2024, dan putaran kedua dimulai pada 19 Februari 2024.

Tindakan ini sejalan dengan arahan Kementerian Kesehatan RI untuk meningkatkan upaya pencegahan dan imunisasi di daerah yang terkena dampak kasus polio khususnya di Jawa Tengah.

Ia menjelaskan imunisasi polio akan diberikan melalui oral (mulut) dengan menggunakan jenis vaksin noval Oral Polio Vaccine Type 2.

"Hal ini sejalan dengan upaya meningkatkan cakupan imunisasi pada anak-anak sebagai langkah pencegahan yang telah terbukti efektif," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: