Bekali Siswanya dengan Ketrampilan Life Skill

Bekali Siswanya dengan Ketrampilan Life Skill

DOK - Momen peresmian bengkel otomotif beberapa waktu lalu-FOTO -Malikha

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - SMA Hasyim Asy'ari Pekalongan merupakan satu-satunya sekolah di Kota Pekalongan yang memiliki program life skill yg membekali lulusannya keterampilan tata boga, tata busana, tata rias, otomotif atau desain grafis. 

Disampaikan Kepala SMA Hasyim Asy'ari Istihana MPd bahwa selain soft skill yang jadi primadona, ada juga kelas unggulan yang merupakan kelas yang dikhususkan bagi peserta didik SMP/MTs yg masuk SMA Hasyim Asy'ari yang memiliki prestasi, baik prestasi akademik maupun non akademik. 

BACA JUGA:New Program Bilingual School Disambut Antusias Siswa

BACA JUGA:Gelar Baksos, SMPN 1 Sragi Peringati Dies Natalis dengan Berbagi

"Bagi prestasi non akademik, anak-anak memiliki piagam penghargaan juara 1-3 minimal tingkat Kota/Kab. Sedangkan untuk jalur akademik mereka memiliki rangking 1-3 paralel dikelas 9,"ungkap Isti.

Keistimewaan dalam kelas unggulan, ia menuturkan bahwa kelas unggulan akan mendapatkan beasiswa gratis spp selama 1 tahun. Hal ini menjadi bentuk apresiasi sekolah bagi kesungguhan para siswa yang sudah mengukir prestasi di usia muda.

"Nah bagi siswa-siswi pada saat awal masuk belum bisa masuk kelas unggulan, jangan khawatir sebab anak-anak masih memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan beasiswa seperti BSM, PIP, Lazis NU maupun beasiswa prestasi dari sekolah," imbuhnya.

BACA JUGA:MAN IC Pekalongan Bentuk Karakter Siswa Cerdas, Mandiri dan Inovatif

BACA JUGA:SD Muhammadiyah Bligo 01 Gelar Family Gathering dengan Calon Wali Murid

Terkait kurikulum sendiri, baik kelas unggulan maupun kelas reguler tidak memiliki perbedaan. 

 "Kita ada beberapa program life skill seperti otomotif, tata rias, tata boga, tata busana dan desain grafis. Meski memiliki banyak program life skill namun siswa diminta hanya memilih satu program yang difokuskan, karena waktu pelaksanaan bersamaan yaitu satu minggu satu kali usai KBM,"terangnya.

Program life skill ini, Isti akui menjadi salah satu program yang menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk bergabung dengan SMA Hasyim Asy'ari. Bahkan setiap program life skill benar-benar diajarkan oleh pendidik profesional di bidangnya.

"Saya berharap, untuk tahun ajaran baru ini bisa mendapatkan siswa yang banyak. Serta mampu menjadikan mereka berkualitas dan bermanfaat ilmunya untuk masyarakat," pungkas Isti.(mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: