9 Sayuran Rendah Purin untuk Meredakan Asam Urat, Apa Sajakah Itu? Ini Dia Daftarnya

9 Sayuran Rendah Purin untuk Meredakan Asam Urat, Apa Sajakah Itu? Ini Dia Daftarnya

Sayuran Rendah Purin untuk Meredakan Asam Urat--Youtube.com/Sehat Secara Alami

2. Wortel

Wortel merupakan sayuran yang kaya akan antioksidan, sehingga dapat membantu mengontrol produksi enzim dalam tubuh.

Nantinya, enzim tersebut akan mendukung sintesis asam urat dalam darah. Kandungan serat yang tinggi pada wortel juga akan membantu mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh akibat proses pencernaan yang lancar.

3. Kubis Merah

Kubis, terutama kubis merah, merupakan sayuran untuk asam urat yang dianjurkan untuk dimakan.

Berdasarkan analisis data dari U. S. Department of Agriculture, kubis merah mengandung lebih banyak bahan penangkal asam urat dibandingkan kubis hijau, meski keduanya sama-sama bermanfaat untuk asam urat.

Kubis merah dan hijau mengandung alkali, yang dapat membantu menetralkan asam urat.

Khususnya pada kubis merah, kandungan flavonoidnya akan membantu melindungi tubuh dari serangan asam urat dan gejala yang ditimbulkannya, membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Selain untuk makan, kamu juga bisa menggunakan sayur kol ini untuk mengatasi asam urat dengan mengoleskan daun pada area persendian yang sakit akibat asam urat.

Pertama, dinginkan daun kol, kemudian saat muncul gejala asam urat, langsung oleskan daun kol ke area yang sakit akibat asam urat.

4. Mentimun 

Mentimun merupakan sayuran dengan kandungan purin yang rendah, sehingga bermanfaat bagi penderita asam urat untuk memakannya. Kandungan purin dalam mentimun itu sendiri hanya 7,3 miligram per 100 gram mentimun.

Jumlah ini jauh lebih rendah daripada kandungan purin yang tinggi dalam makanan, yang mencapai 200 miligram purin per 100 gram produk tersebut.

Bukan hanya karena kandungan purinnya yang rendah, tetapi juga karena kandungan airnya yang tinggi, mentimun juga baik untuk meredakan gejala asam urat.

Air yang terkandung dalam mentimun akan membantu menghilangkan asam urat dari dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: