Resep Capcay Kuah Kental Ala Chef Devina Hermawan yang Gurih Seperti Di Restoran Chinese, Begini Cara Buatnya!

Resep Capcay Kuah Kental Ala Chef Devina Hermawan yang Gurih Seperti Di Restoran Chinese, Begini Cara Buatnya!

Resep Capcay Kuah Kental Ala Chef Devina Hermawan yang Gurih Seperti Di Restoran Chinese, Begini Cara Buatnya!-Youtube.com/Devina Hermawan-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Inilah resep capcay kuah knetal ala chef Devina Hermawan yang gurih seperti di restoran Chinese, begini cara buatnya! Penasaran bukan? Simak yuk, let's go!!

Capcay kuah kental adalah salah satu menu makanan khas Tionghoa-Indonesia yang terdiri dari beragam sayuran yang mudah ditemui di Indonesia dan cara memasaknya dengan direbus.

Istilah capcay berasal dari bahasa China yakni ‘cap” artinya sepuluh dan ‘cay’ atau ‘chai’ yang artinya sayuran.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa capcay memiliki arti yaitu masakan yang dibuat dari sepuluh macam jenis sayuran. Namun, seiring berjalannya waktu dalam proses pembuatan capcay tak lagi harus menggunakan sepuluh jenis sayuran.

Tak hanya diminati oleh keturunan Chinese, capcay jadi menu makanan andalan masyarakat Indonesia. Capcay kuah kental yang gurih dan wangi serta isiannya yang lengkap sangat sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. 

BACA JUGA:Anak-anak Pasti Suka, Resep Egg Chicken Roll HokBen ala Chef Devina Hermawan Mudah dan Enak

BACA JUGA:Minyaknya Bikin Enak! Resep Ikan Tim Restoran Hongkong Ala Chef Devina Hermawan, Makanan khas Imlek yang Lezat

Jika awalnya, capcay disajikan sebagai makanan vegetarian. Tapi seiring berjalannya waktu dan perpindahan budaya menyebabkan capcay mengalami evolusi menjadi makanan yang lebih beragam dengan penambahan berbagai jenis seperti daging ayam, udang dan daging sapi.

Dengan rasa yang tentunya enak, tak heran jika menu makanan ini sangat pas dijadikan santapan spesial untuk keluarga di musim hujan seperti saat ini. Capcay kuah kental biasanya disandingkan dengan sepiring nasi hangat.

Capcay kuah kental ini terbuat dari udang dan berbagai sayuran seperti, jagung putren, kembang kol, wortel, kol dan sawi.

Udang kaya akan berbagai nutrisi seperti protein yang tinggi, vitamin B12, zinc, kalium, fosfor, kalsium, hingga asam lemak omega 3.  Jagung putren mengandung serat, karbohidrat , kolesterol, lemak jenuh, dan natrium (Na) yang rendah. 

Kol mengandung serat, protein, karbohidrat vitamin A, B1 (tiamin), B6, vitamin C , kalsium, fosfor, magnesium, kalium, hingga asam folat.

Kembang kol mengandung vitamin B1, B2, C, vitamin K, mineral  magnesium, kalium, fosfor, niasin, dan senyawa sulforaphane. Dan wortel mengandung vitamin A, sumber serat yang baik, serta mengandung kalium, mangan, tiamin, niasin dan asam folat.

BACA JUGA:Anak Kos Merapat, Resep Nasi Telur Hong Kong Ala Chef Devina Hermawan, Sederhana, Enak, dan Bikin Nagih!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=xeagicuepgi