9 Jenis Makanan Penurun Gula Darah, Ampuh dan Efektif, Ini Dia Daftarnya, Aman untuk Penderita Diabetes

9 Jenis Makanan Penurun Gula Darah, Ampuh dan Efektif, Ini Dia Daftarnya, Aman untuk Penderita Diabetes

Makanan Penurun Gula Darah--Youtube.com/dr. Cahyo Edukes

2. Sayuran Berdaun Hijau

Makanan penurun gula darah berikutnya adalah sayuran berdaun hijau. Sayuran hijau diketahui tidak mengandung pati, dimana sayuran bertepung memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan indeks glikemik yang tinggi.

Selain memiliki indeks glikemik yang rendah, sayuran hijau juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang melimpah yang dapat membantu melindungi mata dari katarak dan degenerasi makula. 

3. Cherry

Makana penurun gula darah selanjutnya adalah buah ceri. Perlu diingat penyebab meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh adalah karena insulin tidak dapat bekerja secara optimal dalam mengontrol gula darah.

Kabar baiknya, buah ini kaya akan antosianin yang memengaruhi kepekaan tubuh terhadap insulin. 

Dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung antosianin, kepekaan tubuh terhadap insulin dapat meningkat dan dapat bekerja dengan baik dalam mengontrol kadar gula darah.

4. Tomat 

Tomat juga merupakan salah satu buah penurun gula darah yang bisa dikonsumsi setiap hari. Tomat mengandung likopen dan antosianin yang tergolong antioksidan.

Zat dalam tomat bahkan diduga memiliki efek yang mirip dengan obat antidiabetes acarbose yang bekerja memperlambat dan mengurangi pelepasan gula dalam darah.

5. Makanan Tinggi protein

Untuk menurunkan kadar gula darah lebih lanjut, kamu bisa memanfaatkan makanan berprotein tinggi seperti ikan dan telur.

Ikan dan telur diketahui mengandung lemak omega-3 sehat yang dapat mengurangi peradangan sekaligus menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Padahal, tidak hanya baik untuk penderita diabetes, jenis makanan ini juga bermanfaat dalam mencegah penyakit jantung.

BACA JUGA:Inilah Daftar Buah yang Dilarang untuk Penderita Diabetes, Dapat Memperparah Kadar Gula Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: