Ubaloka Kwarcab Pekalongan Gelar Pelatihan Penanganan Kebencanaan

Ubaloka Kwarcab Pekalongan Gelar Pelatihan Penanganan Kebencanaan

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Kwarcab Pekalongan menggelar kegiatan Trawubaloka atau Training With Ubaloka yang diselenggarakan Sanggar Bhakti Pramuka Kwarcab Kabupaten Pekalongan. Kegiatan dibuka oleh Waka Bina Muda Kwarcab Pekalongan M. Ahsin Hana.

Trawubaloka diikuti 50 peserta dari pangkalan SMA/SMK/MA dan DKC yang diadakan selama empat kali setiap hari Sabtu. Para peserta akan disiapkan dalam kegiatan Giat Tangguh Ubaloka mendatang.

Dalam sambutanya, Waka Bina Muda Kwarcab Pekalongan M. Ahsin Hana mengatakan, Ubaloka merupakan unit pramuka yang bergerak pada bidang pertolongan dan kemanusiaan, yang salah satunya adalah kegiatan tanggap bencana pada masa darurat bencana.

“Untuk meningkatkan kemampuannya maka kita adakan pelatihan kebencanaan yang mengundang pemateri dari Andalan Cabang dan senior Ubaloka yang saat ini berada di BPBD maupun Basarnas,” katanya

Tujuan dari kegiatan ini diantaranya, lanjut Ahsin, yakni menyiapkan adik-adik Pandega untuk membekali dirinya tentang kebencanaan, ikut serta dalam membantu SAR dan membantu program Pramuka Peduli.

“Adapun materi yang disampaikan diantaranya water rescue, penanggulangan bencana serta dapur umum,” terangnya.

Mereka nantinya diharapkan mempunyai skill atau ketrampilan dalam membantu penanggulangan bencana, khususnya jika ada terjadi bencana di Kabupaten Pekalongan. 

“Ubaloka merupakan unit pramuka yang bergerak pada bidang pertolongan dan kemanusiaan, yang salah satunya adalah kegiatan tanggap bencana pada masa darurat bencana,” jelas Ahsin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: