Parenting Islami tentang Tahapan dalam Membangun Karakter Anak Menurut Ning Imaz

Parenting Islami tentang Tahapan dalam Membangun Karakter Anak Menurut Ning Imaz

Parenting Islami dalam membangung karakter anak menurut Ning Imaz.-imaz._/instagram-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Peran orang tua sangat penting dalam membangun karakter anak. Yang mana karakter anak ini akan melekat hingga dia dewasa nanti.

Maka arahan dan bimbingan orang tua sangat diperlukan agar anak memiliki karakter yang baik. Berkaitan dengan karakter anak, Ning Imaz menjelaskan mengenai beberapa tahapan dalam pembentukan karakter anak yang perlu para orang tua pahami.

Tahapan dalam Membangun Karakter Anak

Dalam sebuah talkshow yang diisi oleh Ning Imaz, beliau menjelaskan bahwa dalam membangun karakter anak dapat dilakukan dalam beberap tahapan sebagai berikut.

BACA JUGA:Pentingnya Membentuk Watak Anak, Begini Penjelasan dr Aisah Dahlan tentang Watak Anak dalam Pandangan Islam

BACA JUGA:Tips Parenting dr Aisah Dahlan dalam Mengenal Watak Anak, Apakah Termasuk Introvert, Extrovert, atau Ambivert?

1. Menanamkan Tauhid

Hal pertama yang perlu dilakukan sejak anak lahir ke dunia adalah menanamkan kalimat Tauhid. Ning Imaz menjelaskan,

"Pembangunan karakter manusia itu awal mulanya memang ketika dia baru terlahir. Kita tahu bahwa seharusnya ini yang pertama ditanamkan adalah kalimat tauhid,"

Saat anak terlahir ke dunia sistem otak dan sarafnya sudah mulai berfungsi maka awal pendidikan karkter sudah harus mulai dilakukan dengan baik oleh orang tua. 

Kemudian Ning Imaz mencontohkan tentang anjuran atau kebiasaan orang muslim yang mengadzani anak tepat setelah anak lahir. Ini adalah bentuk langkah awal pembentukan karakter dengan menanamkan tauhid kepada anak.

Agar saat terlahir dengan fitrahnya, kalimat tauhid adalah kalimat pertama yang mewarnai hatinya.

2. Mengajarkan Etika sesuai Prinsip Kemanusian

Dalam tumbuh kembangnya, anak akan memiliki usia golden age atau usia-usia emas. Ning Imaz menganjurkan pada usia golden age inilah diharapkan orang tua menambah fokus dalam mengajari cara beretika yang baik dan benar sesuai prinsip kemanusiaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: