Nasihat Mbah Moen: Inilah 5 Amalan Sunnah yang Dapat Dilakukan Pada Bulan Sya'ban, Mampu Hapus Semua Dosa!

Nasihat Mbah Moen: Inilah 5 Amalan Sunnah yang Dapat Dilakukan Pada Bulan Sya'ban, Mampu Hapus Semua Dosa!

Nasihat Mbah Moen: Inilah 3 Amalan Sunnah yang Dapat Dilakukan Pada Bulan Sya'ban, Mampu Hapus Semua Dosa!-NU CHANNEL-youtube

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Semasa hidupnya, KH. Maimoen Zubair atau yang lebih akrab disapa Mbah Moen pernah membagikan beberapa amalan sunnah yang dapat dilakukan pada bulan Sya'ban.

Ada beberapa amalan sunnah yang daat dikerjakan pada bulan Sya'ban dan menurut Mbah Moen amalan-amalan tersebut diyakini dapat menghapuskan seluruh dosa selama satu tahun sebelumnya.

Hal tersebut dikarenakan, bulan Sya'ban merupakan waktu yang sangat tepat untuk memanjatkan doa-doa dan amalan-amalan seraya memohon ampunan kepada Allah SWT.

Bulan Sya'ban merupakan bulan ke- dalam kalender Hijriyah. Kata Sya'ban sendiri berasal dari kata Syaaba yang artinya 'merekah' karena bulan ini berada di antara 2 bulan mulia yaitu rajab dan Ramadhan.

BACA JUGA:Nasihat Mbah Moen: Masih Suka Mengeluh karena Rezeki Seret? Simak Penjelasan Berikut Ini

BACA JUGA:Nasihat Mbah Moen: Tanpa Susah Bekerja Mati-matian, Inilah Rahasia Dongkrak Rezeki Tiada Terkira dengan Mudah

menurut Mbah Moen, karena bulan Sya'ban ini berada di antara 2 bulan mulia, kadang-kadang orang kerap melupakan keistimewaan bulan ini. Hal tersebut bahkan telah dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW.

Dalam hadits tersebut menyebutkan tentang banyak sekali umat muslim yang lalai pada bulan Sya'ban. Hal tersebut dikarenakan, letaknya di antara bulan Rajab yang mana umat muslim biasanya sedang merayakan Isra Mi'raj.

Dikutip dari buku berjudul "Dakwah Keatif: Muharram, Maulid Nabi, Rajab dan Sya'ban" yang ditulis oleh Dra. Udji Asiyah, M.si bahwa, Rasulullah SAW mengabarkan tentang bulan Sya'ban merupakan bulan yang istimewa.

Hal tersebut dikarenakan, bulan Sya'ban merupakan bulan diangkatnya amal manusia kepada Allah SWT atau dengan kata lain bulan Sya'ban merupakan bulan naiknya berbagai amalan ke hadirat Allah SWT.

BACA JUGA:Nasihat Mbah Moen: Rahasia Mendidik Anak dan Santri Agar Menjadi Orang yang Sukses, Ternyata Sangat Gampang!

BACA JUGA:Nasihat Mbah Moen: Menjelang Pilpres Jangan Suka Mencela, Menjelek-jelekkan Orang Arab Hukumnya Dosa Besar!

Sebagaimana sebuah hadits yang diriwayatkan oleh An-Nasa'i dan Ahmad bahwa bulan Sya'ban adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah SWT. Oleh karena itu, aku sangat suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.

Nah, menurut Mbah Moen ada banyak amalan-amalan yang dapat dikerjakan selain berpuasa pada bulan Sya'ban ini, yang mana di Indonesia 1 Sya'ban 1445 H jatuh bertepatan dengan tanggal 11 februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: