Nasihat Mbah Moen: Begini Rahasia Menjadi Kaya Raya dan Muslim yang Baik Lewat Jalur Membayar Hutang

Nasihat Mbah Moen: Begini Rahasia Menjadi Kaya Raya dan Muslim yang Baik Lewat Jalur Membayar Hutang

Nasihat Mbah Moen: Begini Rahasia Menjadi Kaya Raya dan Muslim yang Baik Lewat Jalur Membayar Hutang-NU CHANNEL-youtube

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Semasa hidupnya, KH. Maimoen Zubair atau yang lebih akrab disapa Mbah Moen pernah membocorkan rahasia menjadi kaya raya dan muslim yang baik lewat jalur membayar hutang.

Pesan Mbah Moen dalam sebuah kajian semasa hidupnya tentang salah satu ciri orang baik sebagaimana yang telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah dengan memberi kemudahan.

Salah satu kemudahan tersebut yang dicontohkan oleh Mbah Moen, misalnya dalam perkara sosial seperti memberikan pinjaman hutang kepada orang yang sedang membutuhkan.

Di hadapan para jamaahnya, guru dari Gus Baha tersebut kemudian menukil sebuah riwayat yang menceritakan sikap Rasulullah SAW ketika Rasulullah SAW sedang berhutang.

BACA JUGA:Nasihat Mbah Moen: Masih Suka Mengeluh karena Rezeki Seret? Simak Penjelasan Berikut Ini

BACA JUGA:Nasihat Mbah Moen: Tanpa Susah Bekerja Mati-matian, Inilah Rahasia Dongkrak Rezeki Tiada Terkira dengan Mudah

"Nabi Muhammad SAW dulu pernah berhutang unta yang sangat kurus, namun kemudian beliau mengembalikannya dengan unta yang sangat gemuk," terang Mbah Moen.

Oleh karena itu, menurut Mbah Moen agar hidup tidak banyak mengalami kesulitan, sikap memberikan kemudahan seperti yang dicontohkan oleh Baginda Rasulullah SAW perlu untuk dibiasakan.

"Banyak sekali orang sekarang menjadi fakir atau miskin, karena pada saat melunasi hutang tidak memberikan kemudahan kepada si pemberi hutang, bahkan sebagian ada yang marah ketika ditagih," imbuh Mbah Moen.

Sindiran halus Mbah Moen tersebut memang sesuai dengan realitas pada saat ini, sehingga hal tersebut disambut dengan gelak tawa oleh para jamaah yang hadir saat itu.

BACA JUGA:Nasihat Mbah Moen: Rahasia Mendidik Anak dan Santri Agar Menjadi Orang yang Sukses, Ternyata Sangat Gampang!

BACA JUGA:Nasihat Mbah Moen: Menjelang Pilpres Jangan Suka Mencela, Menjelek-jelekkan Orang Arab Hukumnya Dosa Besar!

Ulama karismatik asal Rembang, Jawa Tengah yang juga merupakan guru dari Gus Baha tersebut kembali mengingatkan kepada seluruh umat muslim bahwa, setiap hutang wajib untuk dibayar.

"Apabila pada saat melunasi hutang tidak diberikan lebihan, itu berarti yang berhutang tidak memiliki perasaan," jelas Mbah Moen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: