5 Tips Mudah Dapat Kerja Meski Belum Punya Pengalaman untuk Para Fresh Graduate, Jangan Patah Semangat

5 Tips Mudah Dapat Kerja Meski Belum Punya Pengalaman untuk Para Fresh Graduate, Jangan Patah Semangat

Dapat Kerja Meski Belum Punya Pengalaman untuk Para Fresh Graduate--freepik.com

Rancang curriculum vitae (CV) agar sesuai dengan bidang dan posisi incaranmu

CV atau curriculum vitae merupakan salah satu berkas utama yang harus kamu siapkan saat hendak melamar kerja.

Tidak boleh asal-asalan, kamu harus merancang CV sebaik dan serelevan mungkin dengan pekerjaan yang kamu lamar agar bisa dengan cepat dapat kerja meski belum punya pengalaman untuk fresh graduate.

Dalam hal ini, sangat mungkin kamu harus menyiapkan lebih dari satu CV, di mana CV untuk satu posisi atau perusahaan berbeda dengan yang lainnya. Ini karena kamu harus merancangnya serelevan mungkin dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Dengan begitu, kamu akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dilirik HRD, sebab mereka merasa bahwa kamu sesuai untuk pekerjaan tertentu yang mereka tawarkan.

Kembangkan koneksi dan manfaatkan LinkedIn

Tidak semua lowongan pekerjaan tersedia secara terbuka dan dapat diakses oleh siapa saja Terkadang, informasi tersebut hanya disebarkan di kalangan tertentu, sehingga besar kemungkinan kamu tidak akan mendapatkannya.

Untuk menghindari hal ini dan agar kamu memiliki informasi pekerjaan yang lebih kaya, hal yang perlu kamu lakukan adalah memperluas relasi dan koneksimu.

Ini bukan berarti kamu harus bertama kepada orang-orang secara satu per satu. Melainkan, kamu bisa memanfaatkan platform profesional bernama LinkedIn.

LinkedIn merupakan sebuah media sosial profesional yang biasanya digunakan untuk saling berbagi informasi seputar lowongan pekerjaan, wawasan baru tentang skill, maupun update dari orang-orang dengan minat yang sama.

Nah, saat memiliki jaringan yang luas di LinkedIn ini bisa membantu kamu selama mencari pekerjaan.

BACA JUGA Anti Nganggur Habis Lulus! Pelajari 5 Strategi Networking untuk Fresh Graduate, Miliki Peluang Kerja yang Luas

Kumpulkan portifolio yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar

Tentu, orang akan lebih percaya untuk mempekerjakanmu jika kamu menyajikan bukti tentang keahlian dan keterampilan yang kamu tawarkan.

Itu sebabnya, portofolio mnjadi hal yang amat penting dalam cara dapat kerja meski belum punya pengalaman untuk fresh graduate.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: