Fresh Graduate Merapat! Ini 5 Hal yang Akan Bantu Kamu Mendapatkan Pekerjaan Pertama Setelah Lulus Kuliah

Fresh Graduate Merapat! Ini 5 Hal yang Akan Bantu Kamu Mendapatkan Pekerjaan Pertama Setelah Lulus Kuliah

Mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus kuliah--freepik.com

LinkedIn merupakan media sosial profesional yang akan sangat membantumu dalam mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus kuliah.

Platform yang satu ini dapat dikatakan merupakan platform khusus di mana para penggunanya memiliki tujuan di ranah profesional.

Dengan mengoptimalkan fungsi LinkedIn, kamu bisa memperoleh informasi lowongan pekerjaan yang lebih banyak dan luas, belajar dari pengalaman orang lain, mengembangkan diri dengan mendaftar kursus dan pelatihan yang diinformasikan melalui LinkedIn, hingga membangun branding diri yang baik agar recruiter bisa menilaimu dengan lebih baik.

Dari LinkedIn, kamu juga bisa memperluas relasi dengan orang-orang yang sudah lebih dulu terjun di dunia profesional atau bahkan dengan para fresh graduate sepertimu yang sedang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus kuliah.

BACA JUGA Lakukan 5 Hal Ini untuk Memberikan Respons Saat Temanmu Curhat, Jangan Sampai Memperburuk SItuasi!

Ikut magang dan pelatihan

Hal yang tidak boleh kamu abaikan pula dalam proses mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus kuliah adalah terus mengembangkan dirimu.

Kamu bisa melakukannya dengan mengikuti pelatihan atau bahkan magang di perusahaan yang bergerak di bidang yang kamu minati dan sesuai dengan kemampuanmu.

Dengan menjadi peserta pelatihan ataupun magang, kamu bisa memperoleh insight yang lebih luas terkait dunia profesional. Selain itu, pengalaman magang dan pelatihan ini juga bisa menjadi bahan untuk memparbaiki CV-mu.

Bukan tidak mungkin pula, dari magang maupun pelatihan tersebut kamu bisa memperoleh informasi lowongan maupun kesempatan pekerjaan langsung.

BACA JUGA 4 Pemanasan untuk Mengatasi Belibet Saat Berbicara, Praktikkan Biar Lidah Nggak Kesleo

Gali informasi saat wawancara

Berkali-kali ikut wawancara, tetapi tidak pernah dapat kejelasan setelahnya? Bisa jadi, ini karena kamu tidak bisa memanfaatkan dengan baik proses wawancara yang sudah kamu lalui.

Perlu kamu ketahui bahwa wawancara bukan hanya tentang proses agar recruiter bisa mengenalmu, tetapi juga kesempatan bagimu untuk belajar dan memperoleh informasi di dunia pekerjaan dari recruiter-mu.

Maka, untuk bisa lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus kuliah, kamu bisa memanfaatkan proses wawancara ini untuk menggali informasi. Jangan sia-siakan kesempatan yang diberikan oleh pewawancara untuk bertanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: