7 Makanan Sehat yang Bisa Merusak Ginjal Jika Dikonsumsi Berlebihan, Wajib Kurangi Mulai dari Sekarang

7 Makanan Sehat yang Bisa Merusak Ginjal Jika Dikonsumsi Berlebihan, Wajib Kurangi Mulai dari Sekarang

Makanan Sehat Yang Bisa Merusak Ginjal --Youtube.com/Saddam Ismail

Produk daging setengah jadi seperti sosis dan pepperoni terkadang mengandung banyak garam untuk menambah rasa. Makanan asin dengan kandungan garam tinggi biasanya juga mengandung zat purin. 

Zat dengan kandungan purin yang tinggi meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Jika jumlah purin dalam tubuh berlebihan, dapat menyebabkan asam urat dan pembentukan batu ginjal. 

3. Pisang

Hati-hati dan jangan makan terlalu banyak pisang. Pisang juga merupakan salah satu makanan yang jika dikonsumsi berlebihan berbahaya bagi ginjal. 

Seperti halnya alpukat, pisang juga kaya akan potasium. Jika dikonsumsi secara berlebihan, kandungan kalium atau hiperkalemia akan mengganggu fungsi ginjal dan menyebabkan aritmia jantung. 

4. Roti gandum

Ternyata salah satu makanan sarapan sehat ini, jika dikonsumsi berlebihan, bisa merusak ginjal, apalagi jika Anda mengidap penyakit ginjal atau memiliki riwayat. 

Sama seperti pisang dan alpukat, roti gandum juga mengandung potasium dan fosfor, yang berbahaya untuk ginjal jika jumlahnya terlalu banyak di dalam tubuh. 

Kondisi kadar fosfor yang tinggi dalam tubuh disebut hiperfosforemia atau hiperfosfatemia. Penyakit ini menandakan ketidakmampuan ginjal untuk menyaring dan membuang kelebihan fosfor dari dalam tubuh.

Kondisi ini menjadi salah satu tanda gagal ginjal. 

BACA JUGA:Berikut 7 Gejala Kreatinin Tinggi dalam Darah, Tanda Ginjalmu Sedang Tak Baik-baik Saja

BACA JUGA:Buah yang Mengobati Gagal Ginjal untuk Lansia 50 Tahun, Apa Saja sih? Ini Dia Daftarnya

5. Buah-buahan dengan kandungan natrium tinggi 

Buah-buahan dengan kandungan garam atau natrium yang tinggi, seperti apel, jambu biji, alpukat, pepaya, dan mangga, dapat membahayakan ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Kadar garam yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat memicu hipertensi. Ini tidak hanya berbahaya bagi jantung, hipertensi yang tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan ginjal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: