Bagaiman Hukum Berkumur dan Gosok Gigi Saat Puasa? Begini Penjelasan Gus Baha

Bagaiman Hukum Berkumur dan Gosok Gigi Saat Puasa? Begini Penjelasan Gus Baha

Bagaiman Hukum Berkumur dan Gosok Gigi Saat Puasa? Begini Penjelasan Gus Baha-Tangkap layar -Alba Tv

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bagaimana hukum berkumur dan gosok gigi saat puasa? Boleh atau tidak ya? Yuk simak penjelasan Gus Baha.

Dalam Islam mengajarkan kebersihan sebagian dari iman, tata caranya sedikit berubah selama puasa. Terutama tentang menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara berkumur ataupun gosok gigi saat puasa.

BACA JUGA:Gus Baha Bocorkan Zikir Pelunas Utang, Rezeki Sempit dan Sulit Mendapatkan Keturunan, Ayo Amalkan!

BACA JUGA:Almarhum Punya Utang Sholat Bagaimana Cara Menggantinya? Begini Penjelasan Gus Baha

Dalam salah atau ceramahnya Gus Baha menyampaikan hukum berkumur di waktu puasa adalah makruh. Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani mengatakan "Hal yang makruh dalam puasa ada 13. Salah satunya bersiwak (berkumur serta gosok gigi) setelah zuhur." ucap Gus Baha.

BACA JUGA:Gus Baha: Baik-Buruknya Orang Bisa Dilihat dari Wajahnya

BACA JUGA:Jelang Ramadan, Ini Cara Mempersiapkan Diri Sambut Bulan Suci menurut Gus Baha

Alasannya membersihkan gigi dan mulut saat puasa adalah tindakan menyalahi yang utama, yaitu mendiamkan mulut dan aromanya yang kurang sedap apa adanya. Aroma ini yang lebih disukai Allah di Hari Kiamat nanti

Al-Habib Abdulah bin Husein bin Thahir dalam karyanya Is'aadur. Rafiq wa Bughyatut Tashdiq mengatakan "Bagi orang berpuasa, makruh bersiwak setelah zuhur bersumber pada hadits, 'Perubahan aroma mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah pada Hari Kiamat daripada wangi minyak misik," terang Gus Baha.

BACA JUGA:Cukup Terapkan Nasihat Gus Baha Ini, Rezeki Bisa Lancar Sampai 7 Turunan

BACA JUGA:Inilah 5 Persiapan Mendapatkan Lailatul Qadar Menurut Gus Baha

Bersumber pada penjelasan tersebut, hukum berkumur dan gosok gigi saat puasa adalah makruh, dan dianjurkan dilakukan saat sebelum zuhur demi mengejar salah satu keutamaan puasa.(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: