Almarhum Punya Utang Sholat Bagaimana Cara Menggantinya? Begini Penjelasan Gus Baha

Almarhum Punya Utang Sholat Bagaimana Cara Menggantinya? Begini Penjelasan Gus Baha

Almarhum Punya Utang Sholat Bagaimana Cara Menggantinya-Tangkap layar -YouTube Santri Gayeng

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Jika almarhum punya utang sholat bagaimana cara menggantinya? Gus Baha menjelaskan amalan terbaik untuk seseorang anak kepada orang tua yang sudah meninggal.

Dalam suatu kajian,seorang jama'ah pengajian bertanya kepada Gus Baha tentang bagaimana sikap anak kepada orang tua yang sudah meninggal?

Secara khusus persoalan tersebut adalah bagaimana sikap anak kepada orang tua yang sudah meninggal namun semasa hidupnya meninggalkan sholat.

BACA JUGA:Amalkan Ijazah Wirid Ampuh dari Gus Baha Ini Agar Kamu Jadi Orang Terhormat

BACA JUGA:Ojo Salah Kaprah! Rezekimu Datang Bukan Karena Doa-Doamu, Begini Kata Gus Baha

Dikutip dari unggahan video dari kanal Youtube Kumparan Dakwah, Gus Baha menjawab dengan pas serta jelas pertanyaannya'.

Menurut Gus Baha, yang ditanyakan pertama kali saat seseorang meninggal adalah dia semasa hidupnya memiliki hutang ataupun tidak, sebab Rasullullah menanyakan ini pertama kali.

Bukan yang ditanyakan itu iman seseorang namun yang ditanyakan adalah hal-hal yang berurusan dengan manusia yang lain

Gus Baha mempertegas kalau agama Islam memprioritaskan hak manusia, tetapi ini bukan berarti kita mau menyepelekan sholat.

Oleh sebab itu, Allah SWT tidak perlu disembah dan tidak dibutuh dipuja sebab yang lebih penting adalah hak seorang yang masih dibawa mati oleh seseorang, bukan sebab imannya.

BACA JUGA:Kamu Suka Ngopi? Gus Baha Bocorkan Waktu Ngopinya Para Ulama: Ternyata Jam Segini Bikinnya

BACA JUGA:Menarik! Gus Baha Ceritakan Repotnya Ia Mengimami Bangsa Jin, Penasaran Bagaimana Ceritanya?

"Bahwa anak serta cucu dari orang tua yang meninggal prioritas yang utama dan difokuskan adalah utang semasa hidup orang tua," tambah Gus Baha.

Setelah utang selesai bagi menurut beberapa ulama, anak boleh mengqodho sholat yang ditinggal orang tuanya. Dapat juga kafarah ataupun mengganti per sholat nilainya sekian kemudian dibayarkan ke fakir miskin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: