BPBD Kabupaten Pekalongan Terjunkan Alat Berat, Penanganan Banjir Bandang dan Longsor di Lebakbarang

BPBD Kabupaten Pekalongan Terjunkan Alat Berat, Penanganan Banjir Bandang dan Longsor di Lebakbarang

BPBD Kabupaten Pekalongan terjunkan alat berat untuk mempercepat penanganan longsor dan pasca banjir bandang di Kecamatan Lebakbarang.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - BPBD Kabupaten Pekalongan terjunkan alat berat untuk mempercepat penanganan longsor dan pasca banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Lebakbarang.

Banjir bandang Sungai Sido di Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan menyapu pemukiman warga di wilayah pegunungan tersebut, yakni di Desa Sidomulyo. 

Banjir bandang ini diperparah dengan adanya tebing longsor di wilayah Kutorembet.

Material longsor berupa pohon-pohon besar, tunggak, dan sampah hutan lainnya terbawa arus sungai. Saat melintasi Sungai Sido di Desa Sidomulyo, material longsor ini menghantam Jembatan Sidomulyo hingga arus sungai terbendung. 

Akibatnya, banjir bah masuk ke pemukiman warga di pinggiran sungai.

Banjir bandang disertai material longsor pun menerjang sebagian wilayah Desa Sidomulyo. Jembatan dan sejumlah rumah rusak, sawah hingga hewan ternak ikut hanyut tersapu air bah. 

Baca juga:Banjir Bandang Sapu Pegunungan Lebakbarang, 3 Ekor Sapi Hilang, 2 Rumah Warga, Warung dan Jembatan Rusak

Peristiwa ini terjadi pada Minggu malam, 3 Maret 2024, sekitar pukul 19.00 WIB. Bermula dari hujan yang mengguyur wilayah Lebakbarang dan sekitarnya sejak siang hingga petang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. 

"Alhamdulillah untuk korban jiwa manusia tidak ada. Tapi ada tiga sapi yang hanyut tersapu air bah," kata Sekdes Sidomilyo, Kusnoyo, ditemui di lokasi. 

Peristiwa air bah ini berlangsung tidak ada lima menit. Warga sebelumnya sudah berhamburan keluar rumah dan menyelematkan diri beberapa saat sebelum kejadian. Pasalnya, warga mendengar ada suara gemuruh dari arah hulu sungai. 

"Suaranya gemuruh sekali dan ada bau tanah menyengat. Warga sudah menduga ada air bah. Jadi sudah menyelamatkan diri dulu," ungkapnya. 

Baca lagi:TNI-Polri, BPBD dan Warga Bergerak Cepat Atasi Banjir Bah di Lebakbarang Pekalongan

Kerusakan juga terjadi pada jembatan Sidomulyo. Bagian tangan-tangan jembatan hancur. Beruntung badan jembatan tidak putus.

"Kami gotong royong membersihkan jembatan sampai tengah malam. Biar akses warga tidak tertutup," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: