Wajib Diperhatikan Sebelum Mudik! Inilah 5 Tips Menghindari Terjadinya Overheat Mesin Motor, Dijamin Ampuh!

Wajib Diperhatikan Sebelum Mudik! Inilah 5 Tips Menghindari Terjadinya Overheat Mesin Motor, Dijamin Ampuh!

Tips Menghindari Terjadinya Overheat Mesin Motor--Instagram/jmbt_scooter

Terutama ketika sedang berada di jalanan yang terjal ataupun jalanan macet, usahakan untuk sering melakukan naik turun pada gasnya, jangan terlalu di paksakan.

Sebab, mengurangi beban pada mesin dengan menguangi kecepatannya, dapat membantu mencegah terjadinya overheat dan membuat umur mesin menjadi lebih panjang.

BACA JUGA:Baru Punya Mobil Matic Inilah 7 Tips Merawat Mobil Matic dengan Mudah untuk Pemula, Dijamin Mesinnya Awet!

BACA JUGA:Skutik Retro New Honda Scoopy 2024, Miliki Tampilan Baru dengan Desain yang Memikat

3. Rutin melakukan pemeliharaan

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah, rutin melakukan pemeliharaan pada motor, dan ini merupakan salah satu kunci paling utama untuk mencegah terjadinya over heat.

Oleh karena itu, pastikanlah untuk rutin mengganti oli mesin sesuai dengan jadwalnya, dan gunakan juga oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Sebab, jika olinya terlalu kotor karena lama tidak diganti, dapat meningkatkan gesekan pada mesin, dan tentu saja ini dapat menyebabkan overheat.

Selain itu, usahakan juga untuk rutin memeriksa filter udara dan menggantinya jika diperlukan, sebab filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udaranya ke mesin.

BACA JUGA:Kelas! Nissan Juke 2024 Kembali Dihadirkan dengan Membawa Banyak Keunggulan, Bikin Penasaran!

BACA JUGA:Berkelas! New Honda Beat 150 2024 Hadir dengan Banyak Keunggulan, Bikin Penasaran Konsumen Kira-Kira Apa Ya?

4. Mengenali batas kemampuan motor

Sebagai seorang pemilik motor, kamu juga harus mampu mengetahui batas kemampuan pada motormu, jangan sampai memaksakannya untuk melebihi batas.

Jika kamu sudah mulai merasa mesin motormu terlalu panas, segeralah untuk menepi dan berhenti dan biarkan sampai mesin kembali dingin.

Kemudian setelah mesin sudah dingin, kamu bisa kembali melajutkan perjalanan ke tujuan, selain itu jangan ragu juga membawanya ke bengkel jika kamu merasa ada sesuatu yang mencurigakan dan akhirnya menyebabkan overheat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: