Bisa Mengecohmu! Ini 5 Perilaku yang Bukan Cinta Melainkan Manipulasi, Tanda Pasanganmu Tidak Tulus

Bisa Mengecohmu! Ini 5 Perilaku yang Bukan Cinta Melainkan Manipulasi, Tanda Pasanganmu Tidak Tulus

Perilaku yang bukan cinta melainkan manipulasi--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Romantisme dijadikan salah satu parameter perasaan seseorang, tetapi bisa jadi itu justru perilaku yang bukan cinta melainkan manipulasi.

Hal-hal manis bisa menjadi bagian dari perilaku yang bukan cinta melainkan manipulasi, sebab biasanya sang manipulator melancarkan aksinya secara halus hingga korban tidak menyadari.

Lantas, apa saja perilaku yang bukan cinta melainkan manipulasi tersebut? Kamu bisa mencari tahu dari daftar berikut ini untuk bisa lebih waspada.

BACA JUGA Hindari Kesenjagan Komunikasi, Ini 5 Tips Menghadapi Pasangan yang Terlalu Dominan dalam Hubungan

Mengikatmu dalam janji terselubung

Tanpa persetujuanmu, pasangan yang memiliki perilaku yang bukan cinta melainkan manipulasi biasanya berbuat sesuatu untuk mengikatmu dalam sebuah perjanjian terselubung. Biasanya, mereka memperlakukanmu dengan manis, memanjakanmu dengan berbagai hadiah, dan lain sebagainya sebagai bentuk pemberian yang harus kamu balas.

Mereka menganggap bahwa sudah seharusnya kamu memperlakukannya dengan serupa. Ketika dia mendapati perlakuan dari dirimu yang tidak sesuai keinginan, bukan tidak mungkin mereka akan mengungkit apa yang sudah mereka berikan untukmu.

Bukan hal yang mustahil pula mereka akan meledakkan kemarahan, kekecewaan, hingga memicu pertengkaran karena segala sesuatu dalam hubungan tidak berjalan sesuai yang dia mau.

Menerobos batas privasi yang sudah kamu tetapkan

Meski sudah terikat dalam suatu hubungan, kamu tetap merupakan individu yang berhak memiliki batas privasi yang tidak boleh dilewati oleh orang lain. Maka, bukan kesalahan jika kamu membatasi pasanganmu untuk tidak mencampuri bagian tertentu dalam dirimu.

Sedangkan pasangan yang menunjukkan perilaku yang bukan cinta melainkan manipulasi tidak akan peduli dengan hal ini. Mereka tidak membiarkanmu memiliki ruang untuk diri sendiri.

Contoh paling nyata yang sering ditemui dalam hubungan adalah ketika pasangan tanpa seizinmu mengakses media sosial, chat, email, dan media komunikasi lainnya yang kamu miliki. Ini biasanya dilakukan karena adanya kerusakan kepercayaan dalam hubungan.

Bisa jadi, pasanganmu memiliki trust issue atau trauma di masa lalu yang membuatnya merasa tidak aman jika tidak mengetahui semua hal tentang dirimu.

BACA JUGA Tak Hanya Hancurkan Hubungan, Ini 6 Bahaya Red Flag Bagi Kehidupanmu Secara Menyeluruh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: