Begini Sejarah Pertama Kali Rasulullah SAW Menunaikan Salat Tarawih di Bulan Ramadan, kata Ustaz Adi Hidayat

Begini Sejarah Pertama Kali Rasulullah SAW Menunaikan Salat Tarawih di Bulan Ramadan, kata Ustaz Adi Hidayat

Begini Sejarah Pertama Kali Rasulullah SAW Menunaikan Salat Tarawih di Bulan Ramadan, kata Ustaz Adi Hidayat-Tangkap layar -YouTube Adi Hidayat official

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ramadan datang, salah satu ibadah yang dikerjakan tiap malam adalah salat tarawih? Apakah ada yang tahu sejarah pertama kali Rasulullah SAW salat tarawih? Begi sejarah Rasulullah SAW pertama kali salat tarawih yang disampaikan oleh Ustaz Adi Hidayat.

Mengutip ceramah Ustaz Adi Hidayat di akun youtube adihidayatofficial, beliau menceritakan kisah dari Rasulullah SAW selama bulan Ramadan yang menjadi awal dari salat tarawih.

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa sudah menjadi kebiasaan Rasulullah SAW di malam-malam Ramadan, Rasulullah SAW selalu keluar dari rumahnya menuju ke masjid untuk menunaikan salat Qiyamul Lail.

BACA JUGA:Sering Jadi Perdebatan! Jumlah Salat Witir Usai Tarawih, 3 Rakaat 1 Salam atau 2 Salam? Ini Kata Gus Baha

BACA JUGA:Apakah 'Ngupil' Membatalkan Puasa? Inilah Lubang yang Harus Dijaga Selama Berpuasa Menurut Ustaz Adi Hidayat

Ketika Rasulullah SAW sedang menunaikan salat Qiyamul lail di masjid, para sahabat melihatnya dan seketika langsung berbondong menuju ke masjid untuk ikut salat bersama dengan Rasulullah.

Di malam Ramadan berikutnya, Rasulullah melakukan hal yang sama yaitu pergi ke masjid untuk menunaikan ibadah salat Qiyamul lail. Sama seperti malam sebelumnya, para sahabat selalu mengikuti Rasulullah untuk salat berjamaah di masjid.

Kabar Rasulullah SAW yang setiap malam salat Qiyamul lail di masjid tersebut tersebar ke seluruh umat muslim pada saat itu, sehingga di malam Ramadan berikutnya masjid sudah terisi penuh.

BACA JUGA:Apa Amalan Terbaik dari Anak untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal? Simak Penjelasan dari Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat Menjamin! Walaupun Utang Masih Segunung, Mendadak Lunas Jika Sedekah Pada Orang-orang Ini

Hingga di malam ke empat, ketika para sahabat sudah berdatangan dan berkumpul di masjid untuk menunaikan salat Qiyamul lail, Rasulullah SAW tidak datang ke masjid pada malam itu.

Para sahabat bingung dan saling bertanya, namun Rasulullah SAW tidak juga datang. Barulah ketika Subuh Rasulullah datang untuk menunaikan salat subuh berjamaah di masjid.

Setelah salat subuh, Rasulullah menjelaskan kepada para sahabatnya bahwa Rasulullah SAW sengaja tidak datang ke masjid untuk salat Qiyamul lail supaya para sahabat tidak menanggap ibadah Qiyamul lail itu ibadah wajib.

BACA JUGA:Sambut Ramadan dengan Doa Khusus dari Rasulullah, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Bacaan Doa beserta Manfaatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: