Pohon Asam Jawa Tua di Wiroditan Bojong Tumbang saat Hujan Deras, Arus Lalu Lintas Macet, Listrik PLN Padam

Pohon Asam Jawa Tua di Wiroditan Bojong Tumbang saat Hujan Deras, Arus Lalu Lintas Macet, Listrik PLN Padam

Pohon asam jawa di tepi jalan di Desa Wiroditan Bojong Kabupaten Pekalongan tumbang hingga menutup badan jalan.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Saat diguyur hujan deras, pohon asam jawa yang sudah tua tumbang hingga menutup jalan di tepi Jalan Raya Bojong-Kedungwuni di Desa Wiroditan Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan, Sabtu, 16 Maret 2024.

Pada hari Sabtu itu hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Pekalongan dari pukul 15.30 WIB hingga pukul 20.40 WIB. Hujan juga disertai angin kencang.

Pohon asam jawa berukuran besar di tepi jalan di Desa Wiroditan tumbang. Selain diterpa angin kencang, pohon asam jawa ini diperkirakan umurnya sudah tua, sehingga sistem perakarannya sudah lapuk.

Menindaklanjuti kejadian pohon tumbang tersebut, aparat Koramil Bojong, Polsek Bojong, tim SAR Kabupaten Pekalongan, BPBD, PLN serta dibantu dari tim relawan, ormas dan masyarakat sekitar langsung bahu membahu mengevakuasi pohon asam jawa yang tumbang itu.

Baca juga:Jumpai Pohon Tumbang saat Patroli, Polsek Kajen dan Warga Gotong-royong Evakuasi Pohon Tumbang di Linggoasri

Mereka dengan sigap melakukan pemotongan dan pembersihan pohon yang menutupi jalan. Agar arus lalu lintas di jalan tersebut bisa normal kembali.

Babinsa Wiroditan Serka Mujiyanto, mengatakan, pohon tua jenis asam yang berada di pinggir jalan tak kuasa menahan beban hujan deras, sehingga pohon itu tumbang melintang menutupi seluruh badan jalan. Akibatnya, arus lalu lintas mengalami kemacetan panjang di sekitar lokasi kejadian.

"Bersyukur pada kejadian itu tidak ada korban jiwa dan kebetulan tidak ada kendaraan yang melintas" ungkap Serka Mujiyanto.

Ia menambahkan, pohon tumbang itu tidak hanya menyebabkan kemacetan. Namun juga menyebabkan gangguan pada pasokan listrik. Kabel-kabel PLN ikut terkena dampak dari pohon yang tumbang tersebut, mengakibatkan pemadaman listrik di sebagian wilayah sekitar.

"Atas kejadian tersebut kami mengimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan agar selalu waspada dan hati-hati karena saat ini sedang musim hujan disertai angin kencang yang akan rawan terjadinya bencana alam seperti pohon tumbang," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: