Emak-emak Harus Tahu Ini! 5 Rekomendasi Bahan Pengganti Santan untuk Opor Ayam Aman untuk Penderita Kolesterol

Emak-emak Harus Tahu Ini! 5 Rekomendasi Bahan Pengganti Santan untuk Opor Ayam Aman untuk Penderita Kolesterol

Emak-emak Harus Tahu Ini! 5 Rekomendasi Bahan Pengganti Santan untuk Opor Ayam Aman untuk Penderita Kolesterol-Youtube.com/Ide Kreatif-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Emak-emak harus tahu ini! 5 rekomendasi bahan pengganti santan untuk opor ayam aman untuk penderita kolesterol. Penasaran apa saja merknya? So, langsung saja kita bahas!

Ada berbagai menu Lebaran yang dihidangkan terbuat dengan bahan dasar santan. Santan merupakan hasil olahan buah kelapa yang digunakan untuk memberikan rasa gurih pada makanan.

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya santan atau coconut milk adalah salah satu bahan makanan yang banyak digunakan di Indonesia. Mulai memasak rendang, hingga membuat ketan susu. Santan dibutuhkan untuk menghadirkan rasa creamy dan gurih dalam masakan Indonesia. 

Santan juga merupakan bahan makanan dengan kandungan gizi berlimpah. Dalam cairan yang diolah dari perasan daging kelapa ini, ada kandungan energi sebanyak 324 kal, protein sebanyak 4,2 gram, lemak sebanyak 34,3 gram dan berbagai mineral yang penting untuk tubuh. 

BACA JUGA:Emak-emak Harus Tahu! Cara Membuat Telur Pindang Gurih dan Meresap Bumbunya, Jadi Menu Sahur dan Buka Puasa

BACA JUGA:5 Ramuan Pencegah Asam Urat Emak-emak yang Wajib untuk Dicoba dari Bahan Alami

Meskipun begitu, mengonsumsi santan secara turin dan berlebihan juga tidak baik. Pasalnya, bahan makanan ini banyak mengandung kolesterol yang kurang baik untuk penderita penyakit, seperti jantung, tekanan darah tinggi atau diabetes.

Hanya saja, terlalu banyak makan santan bisa menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti kolesterol tinggi atau perut kembung  jantung, tekanan darah tinggi atau diabetes.

Santan memang bisa memberikan dampak baik untuk tubuh, namun jumlah kalori yang tinggi membuat makanan bersantan tidak bisa dikonsumsi secara berlebihan.

Bahkan beberapa orang dengan masalah tekenan darah tinggi hanya boleh makan makanan bersantan dalam jumlah yang sangat kecil. Selain itu, mengonsumsi makanan bersantan terlalu banyak bisa menyebabkan masalah pada jantung, asam lambung, serta kadar kolesterol yang meningkat.

BACA JUGA:Emak-emak Wajib Tahu Nih! Begini Cara Membuat Masker Wajah Bahan Alami yang Aman untuk Anak-anak

BACA JUGA:Inilah 4 Rekomendasi Hp Kamera Telephoto Termurah dengan Zoom Optik dan Digital Mulai 2 Jutaan Terbaik 2024!

Walau begitu Lebaran akan terasa kurang jika tidak mengonsumsi ketupat bersama opor ayam atau sambal goreng yang merupakan menu bersantan. Emak-emak tak perlu khawatir akan dampak buruk dari mengonsumsi santan berlebihan. Karena kini bisa menggantinya dengan bahan lain.

Emak-emak Harus Tahu Ini! 5 Rekomendasi Bahan Pengganti Santan untuk Opor Ayam Aman untuk Penderita Kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=oe6ic53jqn0