Jelang Idul Fitri 2024, Pemkab Pekalongan Kembali Gelar Gerakan Pangan Murah

Jelang Idul Fitri 2024, Pemkab Pekalongan Kembali Gelar Gerakan Pangan Murah

Ramai- Ramai diserbu masyarakat kegiatan gerakan pangan murah yang berlangsung di Halaman Kantor Kecamatan Wonopringgo, Senin (1/4/2024).-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID- Pemerintah Kabupaten Pekalongan kembali menggelar gerakan pangan murah (GPM) dalam rangka apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan jelang Idul Fitri 2024.

Dalam kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor Kecamatan Wonopringgo, Senin (1/4/2024) ini, pemerintah menyediakan 500 paket sembako berisikan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) 5 kg, 1 kg gula pasir, dan 1 liter minyak goreng dengan harga tebus murah Rp85.000. Serta terdapat juga 500 Pak beras SPHP ukuran 5Kg dengan harga Rp52.000 serta 200 kg beras premium Gapoktan dengan harga Rp65.000/5kg.

BACA JUGA:Pemprov Jateng Gencarkan Gerakan Pangan Murah, Harga Sembako Mulai Menurun

Selain itu, hadir juga kebutuhan pokok lain seperti 200 kg telur dengan harga Rp26.000/kg, bawang merah dan bawang putih, mie instan hingga Frozen food.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pekalongan, M. Yulian Akbar yang hadir meninjau langsung lokasi mengatakan gerakan pangan murah yang diselenggarakan pemerintah ini sudah kali sekian dilaksanakan. Setelah di Kecamatan Wonopringgo masih ada dua kali GPM yakni di kecamatan Tirto dan Kecamatan Doro menjelang Idul Fitri Tahun ini.

BACA JUGA:Seribuan Warga Rela Antri untuk Membeli Sembako Murah di Kegiatan Gerakan Pangan Murah

"Tujuan kegiatan ini tentu untuk mengendalikan harga sembako menjelang idul Fitri. Yang biasanya mengalami kenaikan, sehingga kita adakan kegiatan GPM ini," ungkap Yulian Akbar.

Menurutnya, sudah menjadi tugas pemerintah untuk menjaga ketersediaan pengamanan pasokan dan harga pangan. Sehingga tentu akan sering diselenggarakan kegiatan serupa.

BACA JUGA:Kodim 0710 Pekalongan Bersama Bulog dan Pemerintah Daerah Gelar Gerakan Pangan Murah

"Meski demikian, diharapkan kepada masyarakat untuk memahami kondisi bahwa ini momen ramadan dan lebaran. Sehingga di harapkan lebih bijak dalam memanfaatkan pembelian sembako ini," tandasnya.

Ditempat sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat, Ari Lailani mengatakan bahwa mendekati idul Fitri ini ada beberapa komoditas yang kini sudah mengalami penurunan harga.

BACA JUGA:Wakapolres Pekalongan Pantau Gerakan Pangan Murah, 2 Ribu Paket Beras Murah Dibagikan di Kedungwuni

"Benar, sudah beberapa komoditas turun seperti beras premium sudah Rp16 ribu dan medium Rp15 ribu. Kemudian, cabai yang tadinya Rp80 ribuan kini menjadi Rp60-70 ribu," jelas Ari Lailani.

BACA JUGA:Pemkab Pekalongan Gelar Gerakan Pangan Murah Ketiga Kalinya di Kecamatan Kajen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: