Longsor Tutup Akses Dua Kecamatan

Longsor Tutup Akses Dua Kecamatan

**Lebakbarang - Petungkriyono

BERSIHKAN - Sejumlah warga berusaha menyingkirkan longsoran material tanah yang menutup akses jalan Petungkriyono - Lebak barang.

LEBAKBARANG - Cuaca ekstrem masih melanda wilayah Kabupaten Pekalongan. Bencana alam pun mengintai. Seperti yang terjadi di Kecamatan Lebakbarang. Longsor dengan material tanah mencapai 6x 25 meter menutup akses dua kecamatan, Lebakbarang dan Petungkriyono.

Informasi yang diperoleh, longsoran tanah yang menutup jalan perbatasan Kecamatan Lebakbarang ke Kecamatan Petungkriyono terjadi sekira pukul 07.00 wib. Peristiwa tersebut terjadi setelah hujan lebat. Longsor kali ini merupakan kedua kalinya karena sebelumnya juga sempat terjadi hal serupa di Jalan Mendolo dan Kutorembet Kecamatan Lebakbarang.

Camat Lebakbarang, Toharno, membenarkan hal itu. Kata dia, bencana longsor terjadi di Blok Watu Keris, ruas Jalan Pulosari-Gunungcilik, Kecamatan Petungkriyono. Tanah longsor terjadi pada pukul 07.00 WIB dengan volume panjang longsoran mencapai 25 meter, tinggi 30 meter, dan lebar jalan 6 meter.

"Dari lokasi tidak hanya longsoran tanah yang menutupi akses jalan penghubung dua wilayah akan tetapi, ada beberapa pohon juga tumbang," katanya seraya menjelaskan jalan yang tertutup tanah merupakan jalan kabupaten.

Diterangkan Camat Lebakbarang, jalan yang tertimbun tanah longsor merupakan jalur perekonomian warga. Jalan tersebut sering dilalui mobil pengangkut sayur dari Petungkriyono ke Lebakbarang kemudian ke Karanganyar dan Kajen. "Jalan tersebut merupakan jalur alternatif untuk kendaraan pembawa hasil pertanian atau kerkebunan dari Petungkriyono, " imbuhnya.

Atas kejadian itu, Kecamatan Lebakbarang sudah berkoordinasi dengan BPBD, DPU dan Taru, dan PMI. "Kami bersama TNI-POLRI, dan masyarakat juga langsung bertindak. Dengan menggunakan alat seadanya, kami menyingkirkan material tanah agar perekonomian masyarakat tidak terganggu," ujarnya. (Yon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: