Syawalan, Forum Relawan Kota Pekalongan Dirikan Pos Pantau dan Patroli Sisir Pantai

Syawalan, Forum Relawan Kota Pekalongan Dirikan Pos Pantau dan Patroli Sisir Pantai

Syawalan, Forum Relawan Kota Pekalongan dirikan pos pantau dan patroli sisir pantai di Kota Pekalongan, Rabu, 17 April 2024.-Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat perayaan tradisi Syawalan, Forum Relawan Kota Pekalongan (Forkot Pekalongan) mendirikan pos pantau Syawalan di tepi pantai wilayah Pantaisari, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan pada Rabu, 17 April 2024.

Selain mendirikan pos pantau Syawalan, Forkot Pekalongan juga melakukan patroli menyisir pantai khususnya di sekitaran Pantaisari dan Objek Wisata Taman Wisata Laut Pantai Pasir Kencana Kota Pekalongan.

Beberapa komunitas relawan yang terlibat dalam kegiatan ini, di antaranya dari SAR Jogo Samudro, Pekalongan Rescue, Jogo Baurekso Pantai Utara, serta PMI Kota Pekalongan.

BACA JUGA:Tradisi Syawalan di Kota Pekalongan, Dimeriahkan dengan Final Festival Balon Tambat 2024

BACA JUGA:Sejarah Syawalan dan Tradisi Lopis Raksasa di Krapyak, Kota Pekalongan, Tradisi yang Penuh Keberkahan

Mereka juga bersinergi dengan BPBD Kota Pekalongan, Sat Polairud Kota Pekalongan, kru Kapal Polisi IX-1015 DitPolAirud Polda Jateng, Polsek Pekalongan Utara Polres Pekalongan Kota, TNI-AD dari Kodim Pekalongan, TNI-AL, beserta sejumlah relawan dan potensi SAR lainnya.

Dalam melaksanakan tugas pemantauan Syawalan di wilayah pantai Kota Pekalongan ini, para relawan dan potensi SAR tersebut juga dibekali sejumlah perlengkapan. Mulai dari jaket pelampung, perahu karet, hingga kapal patroli.

Pantauan di lokasi, sejak Rabu dini hari, para relawan dan potensi SAR tersebut sudah standby di sejumlah titik pantau di pesisir pantai.

Mereka tak henti-hentinya memberikan imbauan ke para warga yang memadati kawasan pantai di Kota Pekalongan untuk merayakan Syawalan 2024, maupun ke para pelaku kapal wisata agar selalu mengutamakan keselamatan.

Ketua Forum Relawan Kota Pekalongan, Romadhon, mengatakan pemantauan dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya kejadian orang tenggelam maupun laka air lainnya.

Terlebih, banyak anak-anak yang ikut berwisata dan bermain di bibir pantai. Beberapa dari anak-anak itu juga bahkan ada yang mandi di pantai.

"Kita memantau dan memberikan imbauan untuk selalu mengutamakan keselamatan, agar tidak terjadi suatu hal yang tidak kita inginkan. Mengingat, banyak anak-anak yang berwisata di sini," kata Romadhon.

BACA JUGA:Hadapi Cuaca Ekstrim Jelang Libur Lebaran, Ditpolairud Polda Jateng Gelar Pelatihan Tim Relawan SAR Arnavat

BACA JUGA:Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang Beri Pelatihan Pertolongan Pertama bagi Potensi SAR di Pekalongan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: