Kemeriahan Festival Lopis Raksasa 2024 yang Jadi Tradisi Syawalan di Kota Pekalongan

Kemeriahan Festival Lopis Raksasa 2024 yang Jadi Tradisi Syawalan di Kota Pekalongan

Meriah- Kemeriahan pemotongan lopis raksasa di gelaran syawalan Kota Pekalongan-FOTO-Dwi Fusti Hana Pertiwi

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dalam rangka memeriahkan tradisi Syawalan di Kota Pekalongan. Selain festival balon udara terdapat juga festival lopis raksasa 2024 yang digelar warga Kelurahan Krapyak, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

Bertajuk Semangat Kolaborasi untuk menjaga tradisi, gelaran festival lopis raksasa ini tak kalah menarik animo masyarakat untuk berebut lopis raksasa tersebut.

Berpusat di dua lokasi yakni Kampung Krapyak Kidul Gg.8 (Gang Sumbawan) dan Krapyak Lor Gg 1. Festival lopis raksasa kali ini memiliki ukuran  berat 2.018 kg, tinggi 232 cm, dan diameter 250 cm yang dibuat oleh Remaja Mushola Darunna'im Krapyak Kidul Gg.8 (Krapyak Sumbawan). Sementara, di Krapyak Lor Gg 1 lopis yang dibuat juga tak kalah besar yakni berukuran berat 2.352 kg, dengan tinggi 198 cm dan diameter  85 cm.

BACA JUGA:Begini Cara Mengatasi Wajah Kusam Paling Gampang Pakai 2 Bahan Alami, Kulit Tampak Awet Muda di Usia 50 Tahun

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid yang turut hadir membuka kegiatan Lopis Raksasa tersebut mengatakan bahwa, tradisi potong lopis raksasa menjadi hal yang paling ditunggu di bulan Syawal karena mampu mempererat tali silaturahmi. 

Lopis atau lupis, merupakan makanan berbahan dasar ketan khas Krapyak, Pekalongan, yang memiliki daya tarik dan filosofi budaya tersendiri. Dimana, makanan ini mengandung suatu nilai filosofis tentang persatuan dan kesatuan seperti tertuang dalam sila ketiga Pancasila.

BACA JUGA:Syawalan, Forum Relawan Kota Pekalongan Dirikan Pos Pantau dan Patroli Sisir Pantai

"Festival lopis raksasa ini perlu dijaga dan dipelihara bersama sebagai tradisi dan budaya turun-temurun yang dimaksudkan untuk mempererat tali silaturahmi antara warga Krapyak dan dengan masyarakat daerah sekitarnya,"kata Aaf, sapaan akrabnya, Rabu (17/4/2024).

BACA JUGA:Punya Wahana Kereta Gantung Pertama di Jateng, Kembanglangit Park Batang Masih Jadi Wisata Favorit di Batang

Menurut Aaf, setiap tahun ukuran lopis raksasa yang dibuat warga setempat semakin besar baik ukuran, tinggi, maupun beratnya. 

Bahkan menariknya, selain pemotongan dan pembagian lopis, acara pun diisi dengan kegiatan bazar UMKM lokal, jalan sehat, donor darah, gambusan hingga musik religi yang digelar sejak 15 April 2024. Tentu, hal ini patut diapresiasi bersama atas kemeriahan dan kelancaran pelaksanaan kegiatan Puncak Syawalan yang dipusatkan di Kelurahan Krapyak tersebut.

BACA JUGA:Lapas Pekalongan Rayakan HBP ke-60 dengan Acara Bangga Menggunakan Produk dalam Lapas

Pemkot pun berharap, melalui event tradisi tahunan Lopisan ini bisa membawa dampak positif bagi keberlangsungan dan perekonomian masyarakat lokal Kota Pekalongan. Pihaknya mendorong agar masyarakat senantiasa menjaga tradisi Lopisan yang menjadi ciri khas Syawalan Kota Pekalongan ini.

BACA JUGA:Tradisi Syawalan di Kota Pekalongan, Dimeriahkan dengan Final Festival Balon Tambat 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: