Warga Apresiasi Keberhasilan Kapolda Jateng dalam Ciptakan Kelancaran Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Warga Apresiasi Keberhasilan Kapolda Jateng dalam Ciptakan Kelancaran Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi beberapa Pejabat Utama Polda Jateng.-Ist/PoldaJtg-

Salah satunya disampaikan Kepala Bidang Angkutan dan Pengendalian Operasional Lalu Lintas Dinhub Kota Pekalongan, Endang Kostaman. 

Menurutnya, ini tidak terlepas dari kerja sama dan koordinasi yang baik semua pihak baik jajaran Pemkot Pekalongan, Kodim 0710 Pekalongan, Polres Pekalongan Kota, dan organisasi masyarakat yang sudah turut serta membantu mengamankan arus lalu lintas selama Libur Lebaran tahun ini. 

Menurutnya, terkait angkutan lebaran tahun ini terbilang kondusif walaupun ada kebijakan One Way, dimana beberapa kendaraan ada yang melintas ke jalur pantura di sepanjang ruas Kota Pekalongan.

"Yang seharusnya diprediksi arus balik lebih ramai dari arah Timur, namun dua tahun pasca Covid-19 dan pemberlakuan one way di tol fenomenanya berubah. Kendati demikian, secara prinsip, arus lalu lintas di Kota Pekalongan masih lancar terkendali, aman, kondusif, dan minim kecelakaan," ungkap Endang.

Endang menyebutkan, jumlah kendaraan yang melintas di Kota Pekalongan pada arus mudik dan balik lebaran rata-rata per harinya mencapai 30 ribu hingga 40 ribu kendaraan baik sepeda motor, mobil pribadi, angkutan umum, bus, pick up dan truk. 

Dimana, pada puncak arus mudik lebaran dari arah Jakarta ke Semarang yang terjadi pada tanggal 6 April 2024 atau H-4 terjadi kelonjakan kendaraan dari sehari sebelumnya 34.659 menjadi 48.710 kendaraan.

Sementara untuk arus balik, peningkatan volume kendaraan terjadi pada H+2 dan H+3 lebaran atau tanggal 13 dan 14 April 2024 mencapai 43.608 kendaraan dan 47.933 kendaraan.

Sementara itu, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengungkapkan terima kasih dan apresiasi atas lancarnya Operasi Ketupat Candi 2024. 

Kegiatan kepolisian dalam pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2025 itu dinilainya sukses berkat soliditas dan kekompakan seluruh personel yang terlibat.

Hal itu disampaikan Kapolda saat memimpin apel pagi di Lapangan Apel Mapolda Jateng pada Selasa, (16/4) pagi. Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan Halal Bihalal di Polda Jateng diikuti seluruh PJU dan peserta apel.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi atas keberhasilan pelaksanaan operasi pengamanan yang berjalan lancar. Ini semua berkat kekompakan dan soliditas seluruh personel yang terlibat," ujar Kapolda.

BACA JUGA:Bantu Warga yang Kekeringan, Kapolda Jateng Serahkan Bantuan 2 Sumur Bor di Kabupaten Pekalongan

Irjen Ahmad Luthfi juga mengungkapkan sangat menikmati momen kebersamaan dalam pelaksanaan pengamanan mudik lebaran tahun ini, karena dirinya sendiri akan purna ltugas pada bulan November tahun ini.

"Karena pada bulan November nanti saya pensiun. Saya sangat menikmati momen kebersamaan ini dengan seluruh anggota sekalian," jelasnya.

Kapolda berpesan agar kekompakan dan soliditas Polda Jateng terus dipelihara sampai kapanpun. Hal ini karena keberhasilan tugas Polri sifatnya kolektif, meski dalam tugas pokoknya seorang polisi bertanggung jawab secara personal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: