Tak hanya di Batang, PMI Batang Turut Suplai Darah hingga 1.200 Kantong ke Pekalongan dan Sekitarnya

Tak hanya di Batang, PMI Batang Turut Suplai Darah hingga 1.200 Kantong ke Pekalongan dan Sekitarnya

Sejumlah pendonor saat melakukan donor darah di PMI Batang-IST-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Tak hanya pasok kebutuhan darah dalam kota, PMI Kabupaten BATANG juga menjadi salah satu rujukan  sejumlah rumah sakit dalam pemenuhan stok darah. Bahkan dalam sebulan, PMI Kabupaten BATANG secara rutin mensuplai 1.000 hingga 1.200 kantong ke daerah sekitarnya.

Mulai  ke PMI Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Kendal dan Kota Pekalongan. Sedangkan di dalam kota, PMI Kabupaten Batang juga  intens memenuhi kebutuhan darah untuk tiga rumah sakit di Batang.

BACA JUGA:Alami Luka Bakar Parah Usai Kebakaran, PMI Batang Berikan Bantuan Pengobatan untuk Keluarga Nurochman

“Alhamdulillah setiap harinya ada 20 pendonor. Sehingga setiap bulannya bisa mencukupi kebutuhan ribuan kantong darah di RSUD Batang, Limpung dan RS QIM,” katanya, usai melayani pendonor, di UTD PMI Batang, Kabupaten Batang, Sabtu 15 Juni 2024.

Hampir seluruh golongan darah didistribusikan ke sejumlah rumah sakit maupun UTD PMI di wilayah lain. 

BACA JUGA:PMI Kabupaten Batang Serahkan Bantuan Rehab 3 RTLH Korban Kebakaran di Bandar

“Cuma untuk jenis trombosit memang terkadang mengalami kekurangan stok, karena daya tahan yang hanya 5 hari. Solusinya kami penuhi setiap hari dari pendonor lokal,” jelasnya.

Sementara itu, Salah seorang pendonor, Gregorius Aldi telah menjadi pendonor rutin selama kurun waktu satu tahun. Ia terinspirasi membaktikan dirinya dengan menjadi pendonor rutin, demi menyelamatkan nyawa sesama.

“Saya sudah setahun mendonorkan darah. Rasanya badan lebih ringan, nyaman dan lebih segar karena sel darah kita terbarukan terus,” ungkapnya.

BACA JUGA:Musyawarah Kerja PMI Kabupaten Pekalongan Tahun 2024, Ini Capaian Kinerja di 2023 dan Rencana Program 2024

Ia mengharapkan, kebiasaannya mendonorkan darah menjadi motivasi bagi pemuda lain. Yang diniatkan untuk membantu menyelamatkan orang yang membutuhkan transfusi darah. (nov) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan