Ternyata Bahaya! Inilah 3 Dampak Negatif Mencampur BBM Pertalite dengan Pertamax Pada Kendaraan

Ternyata Bahaya! Inilah 3 Dampak Negatif Mencampur BBM Pertalite dengan Pertamax Pada Kendaraan

Dampak Negatif Mencampur BBM Pertalite dengan Pertamax Pada Kendaraan-youtube.com- DIKASIH INFO

RADARPEKALONGAN.CO.ID - Jangan coba-coba campur BBM! Ternyata ada beberapa dampak negatif mencampur BBM pertalite dengan pertamax pada kendaraan loh. Apa saja? Yuk cek artikel ini untuk mengetahuinya. 

Pertalite dan pertamax merupakan jenis bahan bakar yang sering digunakan oleh masyarakat. Meskipun sama-sama jenis bahan bakar, ada perbedaan diantara keduanya yakni harga dan bilangan oktan nya. 

Harga bahan bakar pertalite lebih murah dibandingkan bahan bakar pertamax. Hal ini karena bilangan oktan pertalite lebih kecil dibandingkan dengan pertamax. Sebagai informasi, semakin tinggi bilangan oktan bahan bakar, maka semakin baik untuk kendaraan. 

Namun biasanya, masyarakat lebih cenderung  menggunakan bahan bakar pertalite sebab harganya yang jauh lebih murah, sehingga tidak boros untuk anggaran pengeluarannya. 

Namun demikian, bagi kamu yang tidak ingin antre di pom bensin, maka seringkali berpindah dengan memilih bahan bakar pertamax bukan? Jika kamu melakukan hal ini, maka kamu perlu tahu nih. 

BACA JUGA:Cocok untuk Ibu Muda! Inilah 5 Motor Matic Bekas Murah dengan Mesin Tangguh, Harga Mulai Rp 5 Jutaan Loh

BACA JUGA:Siap Touring? Temukan 5 Motor Kopling Terbaik yang Bikin Perjalananmu Makin Mantap!

Sebab ternyata ada beberapa dampak negatif mencampur BBM pertalite dengan pertamax pada kendaraan loh. Apa sajakah dampak negatifnya? Cek artikel ini untuk mengetahuinya.

Dampak Negatif Mencampur BBM Pertalite dengan Pertamax Pada Kendaraan

Sebelumnya kamu harus tahu terlebih dahulu bahwa bahan bakar pertalite dan pertamax memiliki bilangan oktan yang berbeda. Bahan bakar pertalite memiliki bilangan oktan sebesar 90 dengan tambahan zat additive. Sedangkan pertamax memiliki bilangan oktan sebesar 92. 

Bagi kamu yang sering gonta-ganti jenis bahan bakar kendaraan, maka perlu menghilangkan kebiasaan ini. Pasalnya, ternyata ada beberapa dampak negatif mencampur BBM pertalite dengan pertamax pada kendaraan, diantaranya adalah :

1. Menyebabkan Piston Berkerak

Salah satu dampak negatif mencampur BBM pertalite dengan pertamax pada kendaraan yakni menyebabkan piston berkerak loh. Piston sendiri merupakan sumbat geser yang terpasang di dalam sebuah silinder mesin pembakaran. 

Salah satu fungsi piston yakni memiliki peran yang penting dalam proses pembakaran mesin sehingga menghasilkan tenaga yang kuat. Bayangkan saya, jika postin berkera maka tidak bisa menjalankan fungsi piston dengan baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: