BPBD: Dua Rumah di Kota Pekalongan Rusak Ringan akibat Gempa Batang

BPBD: Dua Rumah di Kota Pekalongan Rusak Ringan akibat Gempa Batang

Petugas BPBD Kota Pekalongan saat melakukan survei kondisi rumah di Kelurahan Gamer Kecamatan Pekalongan Timur yang rusak akibat gempa bumi di Batang. bumi Batang-Istimewa-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.CO.ID - Sebanyak dua buah rumah di Kota Pekalongan mengalami kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 4.6 SR yang mengguncang Batang dan Pekalongan pada Minggu, 7 Juli 2024.

Hasil pendataan BPBD Kota Pekalongan sampai dengan Senin dini hari, 8 Juli 2024, dampak gempa Batang tersebut menyebabkan dua rumah warga di Kelurahan Gamer Kecamatan Pekalongan Timur rusak ringan.

Demikian disampaikan Kepala Pelaksana Harian BPBD Kota Pekalongan, Aprilyanto, melalui Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana, Dimas Arga Yudha, pada Senin dini hari, 8 Juli 2024.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Wilayah Kabupaten Batang Diguncang Gempa Magnitude 4,6

BACA JUGA:Data Sementara: Tiga Warga Terluka dan Dilarikan ke RSUD Kalisari Akibat Gempa Batang

"Ada dua rumah di Kota Pekalongan yang mengalami kerusakan akibat gempa di Batang. Kedua rumah warga tersebut lokasinya di Gamer, Kecamatan Pekalongan Timur," kata Dimas.

Disebutkan, kedua rumah itu masing-masing adalah milik Fatoni serta milik Sodikin, keduanya berada di RT 002 RW 004 Kelurahan Gamer Kecamatan Pekalongan Timur. Kedua rumah tersebut dihuni oleh 2 KK dengan jumlah 7 orang.

Rumah Fatoni, dinding belakang area dapur roboh saat terjadi gempa dan mengenai atau menimpa atap samping rumah milik Sodikin.

"Pada saat kejadian kebetulan penghuni rumah sedang berada di dalam rumah. Karena reruntuhan dinding rumah saudara Fatoni yang menimpa atap rumah saudara Sodikin menyebabkan debu lumayan tebal," bebernya.

Diungkapkan bahwa kerusakan yang dialami adalah kurang dari 30 persen. Serta, nihil korban jiwa maupun luka.

"Kerusakan bangunan di rumah Fatono meliputo atap dan dinding dapur. Sedangkan kerusakan bangunan di rumah Sodikin meliputi atap genteng rangka atap kayu," imbuh Dimas.

BACA JUGA:Tiga Sekolah di Batang Terdampak Gempa, Ada Perpustakaan yang Rusak Parah

BACA JUGA:Soal Penyebab Gempa Batang, BMKG Sebut Karena Hal Ini

Dia menambahkan, upaya penanganan yang dilakukan, BPBD Kota Pekalongan telah melakukan assesment ke lokasi kejadian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: