Cegah Kecelakaan Lalu Lintas, Mulai Hari Ini Polres Batang Gelar Operasi Patuh Candi 2024

Cegah Kecelakaan Lalu Lintas, Mulai Hari Ini Polres Batang Gelar Operasi Patuh Candi 2024

Kapolres Batang melakukan pengecekan kendaraan dinas kepolisian yang akan digunakan pada kegiatan Operasi Patuh Candi 2024.-Dony Widyo -

BATANG - Untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan, Polres Batang menggelar Operasi Patuh Candi 2024 mulai tanggal 15-19 Juli 2024.

Kapolres Batang, AKBP Nur Cahyo Ari Prasetyo menjelaskan, Operasi Patuh Candi 2024 merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

"Kita harus melaksanakan tugas dengan visi dan misi yang sama untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan di jalan raya," ujar AKBP Nur Cahyo Ari Prasetyo saat memberi pengarahan pada apel gelar pasukan pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2024 dalam apel gabungan yang melibatkan TNI, Polri, Dishub, dan Satpol PP, Senin 15 Juli 2024.

AKBP Nur Cahyo juga mengungkapkan bahwa pelanggaran lalu lintas masih menjadi tantangan utama. Pelanggaran lalu lintas belum bisa dinyatakan nol, bahkan cenderung meningkat. 

BACA JUGA:Bakal Dirigid Pavement, Perbaikan Jalan Pantura Depan HKR Batang Ditarget Rampung Awal Agustus

BACA JUGA:Gantikan Dapur Umum, Pemkab Batang Salurkan Sembako untuk Korban Gempa Batang

"Namun, fokus utama kita adalah pencegahan, bukan semata-mata penindakan. Tujuannya agar tidak ada kecelakaan lalu lintas yang merenggut nyawa," tegas Kapolres.

Pada kesempatan itu, AKBP Nur Cahyo juga mengungkapkan kekhawatirannya terkait tingginya angka kecelakaan di Tol Batang. Mengingat dalam beberapa bulan terakhir, tercatat ada delapan korban meninggal dunia di Tol Batang. 

Meskipun sudah ada upaya yang dilakukan, kasus kecelakaan tetap terjadi. Hal ini tidak terlepas dari kesadaran dan pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna jalan," terangnya.

Untuk itu, AKBP Nur Cahyo juga menegaskan pentingnya peran serta semua pihak dalam memberikan imbauan dan nasihat agar pengguna jalan lebih berhati-hati. 

"Ini adalah tugas kita bersama untuk tidak bosan memberikan imbauan dan nasihat agar kita bisa aman dan nyaman di perjalanan," katanya.

Menurut data Polres Batang, wilayah tersebut masih dianggap rawan kecelakaan lalu lintas. 

"Mencegah adalah kewajiban yang harus diawali dengan niat baik. Meski ada penurunan pelanggaran lalu lintas sebesar 38.654 kasus pada semester pertama tahun ini, dibandingkan tahun lalu, upaya pencegahan tetap harus ditingkatkan," tutup AKBP Nur Cahyo.

Operasi Patuh Candi 2024 diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menurunkan angka kecelakaan dan meningkatkan kesadaran berlalu lintas di masyarakat Batang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: