Kegiatan Pramuka Didorong untuk Lebih Aktif Berkontribusi Bagi Masyarakat

Kegiatan Pramuka Didorong untuk Lebih Aktif Berkontribusi Bagi Masyarakat

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menerima kunjungan dari Ketua Kwarda Jateng Budi Prayitno dan jajaran di kantornya, Senin, 15 Juli 2024.-istimewa -

SEMARANG - Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jawa Tengah didorong untuk lebih aktif dalam kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Pramuka ini banyak manfaatnya untuk adik-adik kita dan bangsa Indonesia, khususnya dalam belajar berorganisasi. Makanya harus ada kegiatan. Ini bagian dari pengabdian kita kepada masyarakat," kata Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah,  Nana Sudjana saat menerima kunjungan dari Ketua Kwarda Jateng Budi Prayitno dan jajaran di kantornya, Senin, 15 Juli 2024.

Nana berpesan agar inovasi-inovasi terus dilakukan oleh Kwarda Jateng dalam meningkatkan prestasi di tingkat nasional. Selain itu, perlu memberikan pendidikan kepada generasi muda dalam berorganisasi melalui kegiatan-kegiatan kepramukaan.

Ia menyebutkan, beberapa keterlibatan pramuka pada kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan, salah satunya adalah keterlibatannya dalam upaya menjaga lingkungan hidup.

BACA JUGA:PT Nestle Bandaraya Batang Didorong Serap Banyak Tenaga Kerja Lokal dan Jateng

BACA JUGA:35 Kantor Pertanahan di Jawa Tengah Terapkan Layanan Berbasis Elektronik

Ketua Kwarda Jateng, Budi Prayitno mengatakan, dukungan dari Pj Gubernur Jateng terhadap kepengurusan baru dan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan sangat berarti.

"Beliau berharap Kwarda Jateng ke depan jauh lebih baik dari daerah lain," katanya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan pelantikan Majelis Pembimbing Kwarda Jateng, Pengurus Kwarda Jateng,  dan Dewan Kerja Kwarda Jateng. Dengan demikian, kegiatan-kegiatan yang direncanakan segera terlaksana dengan baik dan terorganisir.

Terkait inovasi, Budi menjelaskan, saat ini sudah menyusun beberapa program. Di antaranya perbaikan sarana dan prasarana. Dalam hal ini, ke depan bumi perkemahan dirancang sebagai tempat perkemahan multifungsi. 

"Kegiatan non-Pramuka bisa di sana, juga bisa jadi tempat rekreasi. Itu akan dikembangkan. Digitalisasi juga dikembangkan untuk sistem informasi kepramukaan, ini untuk memantau anggota yang mengikuti kegiatan secara berkelanjutan," katanya.

Ia menambahkan, Kwarda Jateng juga serius dalam menyinergikan kegiatan dengan program-program pemerintah.

Di antaranya kegiatan Saka Bhakti Husada untuk mendukung bidang kesehatan masyarakat. Selain itu, juga sinergi dalam hal penanganan dan penanggulangan kebencanaan di Jawa Tengah.

"Pramuka juga akan membantu kegiatan posyandu. Di setiap kegiatan bencana,  pramuka pasti hadir,  karena kita punya kelompok yang bisa memberikan dukungan. Paling tidak yang paling mudah itu di dapur umum atau keterampilan penanganan kebencanaan," jelas Budi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: