Bulan Dana PMI Batang Tahun 2024 Ditarget Tembus Rp1,7 Miliar

Bulan Dana PMI Batang Tahun 2024 Ditarget Tembus Rp1,7 Miliar

SERAHKAN - Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menyerahkan berita acara pengumpulan dana PMI kepada Kepala Disdikbud Batang, Bambang SS.-Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten BATANG kembali mencanangkan program Bulan Dana PMI Tahun 2024. Setelah sukses menggalang dana hingga Rp1,6 Miliar di tahun 2023, tahun ini pihaknya mentargetkan bisa mengumpulkan dana hingga Rp1,7 Miliar. Dalam kesempatan di tahun ini, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten BATANG, Epi Paulin Numberi ditunjuk sebagai Ketua Bulan Dana PMI.

Ketua PMI Batang, Akhmad Taufiq menekankan pentingnya penggalangan dana untuk menanggulangi bencana dan membantu mereka yang membutuhkan. 

"Penggalangan dana PMI ini sangat penting untuk mengcover kebencanaan dan orang yang membutuhkan. Oleh karena itu, di tahun ini penggalangan ditargetkan naik 5 persen dari perolehan tahun 2023. Tahun lalu, PMI Kabupaten Batang berhasil mengumpulkan Rp 1,6 miliar, dan tahun ini target ditingkatkan menjadi Rp 1,7 miliar," ungkapnya usai pencanangan Bulan Dana PMI di Pendopo Kabupaten Batang, Kamis 18 Juli 2024.

BACA JUGA:Nekat Dirikan Gazebo Asmara di Pantai Sigandu-Ujung Negoro, Pemilik Usaha Bisa Didenda Hingga Rp50 Juta

BACA JUGA:Pesona Jawa Tengah! 5 Tempat Wisata Alam di Gunung Kidul yang Indah untuk Refreshing dan Melepas Penat

Taufiq optimis target ini bisa dicapai melalui sumbangan warga yang dikumpulkan melalui RT, serta dukungan penuh dari camat, lurah, dan sektor pendidikan.

Namun, Taufiq juga mengakui bahwa ada penurunan pengumpulan dana di sektor pelayanan masyarakat, khususnya pada pajak kendaraan bermotor dan PDAM. 

"Sektor pelayanan masyarakat yang mengalami penurunan itu sektor pajak kendaraan bermotor dan PDAM. Karena sekarang bayar melalui online kemudian pajak kendaraan bermotor sekarang jemput bola ini yang mempengaruhi penurunan," jelasnya.

Saat bencana gempa bumi beberapa waktu lalu, PMI kabupaten Batang sigap mengalokasikan dana sebesar Rp 100 juta untuk logistik dan bantuan perbaikan rumah yang rusak. Dana tersebut digunakan untuk membantu 28 rumah yang mengalami kerusakan sedang.

 "Bencana gempa bumi kemarin itu, PMI Batang membantu Rp 100 juta untuk penanganan pasca bencana, berupa logistik dan bantuan uang tunai untuk rumah sedang sebanyak 28 rumah."

Penjabat (Pj) Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, menegaskan bahwa Bulan Dana PMI dilaksanakan setiap tahun untuk mengumpulkan dana secara sukarela dari seluruh masyarakat Kabupaten Batang. 

BACA JUGA:Ada 9 Kali Gempa Susulan di Batang, BPBD Batang Sebut Karena Ini!

BACA JUGA:Bangga Punya Pahlawan Nasional, Foto KH Ahmad Rifa'i Diharap Dipajang di Lingkungan Pemkab Batang

"TNI Polri, PNS, Pemerintah Desa, pelajar, dan masyarakat umum secara sukarela menyumbangkan dana melalui PMI. Dananya akan digunakan kembali untuk masyarakat yang membutuhkan," ujar Lani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: