Upaya Tangkap Peluang di Bisnis Kuliner, Warga di Pekalongan Kembangkan Skill Lewat Pelatihan Boga

Upaya Tangkap Peluang di Bisnis Kuliner, Warga di Pekalongan Kembangkan Skill Lewat Pelatihan Boga

Pelatihan- Pelatihan Boga yang berlangsung di Kelurahan Buaran Kradenan, Kecamatan Pekalongan Selatan, (8/8/2024).-FOTO-Dok. Ist

Radarpekalongan.co.id- Pendampingan yang diberikan Pemerintah Kota Pekalongan melalui pelatihan kerja kewirausahaan kini tengah digencarkan lewat beragam keterampilan. Salah satunya dalam pelatihan Boga pembuatan roti dan kue.

BACA JUGA:Sholat Jumat Bersama Warga Desa Bligorejo, Kapolres Pekalongan Tekankan Ini

Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinakaer) melihat bahwa keterampilan ini sangat berpeluang menumbuhkan wirausaha baru khususnya di bidang bisnis kuliner. Yang kini cukup mudah dan menarik untuk ditekuni.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Dinperinaker Kota Pekalongan, Ninik Murniasih usai membuka pelatihan kerja dan wirausaha di Kelurahan Buaran Kradenan, Kecamatan Pekalongan Selatan, (8/8/2024).

BACA JUGA:Unit Kamsel Satlantas Polres Pekalongan Bekali PKS SMK Muhammadiyah Karanganyar

“Alhamdulillah meskipun pelatihan kelurahan ini singkat tapi bisa menghadirkan dan melahirkan wirausaha baru. Seperti kemarin peserta pelatihan kelurahan langsung jual ayam geprek laris. Selain roti dan kue, kita juga berikan pelatihan kuliner lain termasuk makanan dan minuman atau mamin kekinian, otomatis lebih marketable dan menambah nuansa kuliner yang ada di Kota Pekalongan,” ujar Ninik.

BACA JUGA:Gantikan AKP Isnovim, AKP Danang Sri Wiratno Jabat Kasat Reskrim Polres Pekalongan

Ninik juga menjelaskan, bahwa pelatihan ini tidak hanya akan berhenti disini. Namun pihaknya juga akan memberikan fasilitas untuk mendaftarkan usaha mereka dengan Nomor Induk Berusaha (NIB), PIRT dan merk.

BACA JUGA:Bersih-bersih Sungai, Warga Kelurahan Kajen Pekalongan Temukan Granat Nanas di Sungai Kedung Gupit

“Pelatihan ini yang melaksanakan bidang pentalatas, nah untuk pendampingan seperti perijinan akan didampingi oleh bidang industri, sebab ini penting karena produknya bisa dikenal oleh masyarakat. Kalau sudah punya NIB pasti legal dan kalau sudah legal bantuan atau memperoleh kur lebih mudah," ujarnya.

BACA JUGA:Silatnas IIBF Ke-15 di Pekalongan, Jadi Ajang Silaturahmi Ribuan Pengusaha Muslim Indonesia

Selain itu, pihaknya juga telah membentuk group dalam sosial media Whatsapp guna menjalin komunikasi lebih lanjut. " intinya tidak berhenti sampai disini akan tetapi berlanjut,” jelasnya kembali.

Sementara itu, Lurah Buaran Kradenan, Ryan Panji Festian turut mengungkap kan rasa terimakasih kepada Dinperinkaer Kota Pekalongan, karena pelatihan sangat baik dan dibutuhkan masyarakat. 

BACA JUGA:Sambut HUT ke-79 Kemerdekaan RI dan Hari Pengayoman ke-79, Lapas Pekalongan Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: