Optimalkan PTSP, Lapas Batang Mudahkan Layanan Bagi WBP dan Pengunjung

Optimalkan PTSP, Lapas Batang Mudahkan Layanan Bagi WBP dan Pengunjung

Optimalkan PTSP, Lapas Batang Mudahkan Layanan Bagi WBP dan Pengunjung-IST-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Komitmen peningkatan layanan ditunjukkan Lapas Kelas IIB BATANG dengan mengoptimalkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Lewat layanan ini, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan pengunjung Lapas dapat menggunakan layanan yang terkoneksi di satu tempat. 

Kepala Lapas Kelas IIB Batang Jose Quelo menjelaskan, sebelum adanya optimalisasi, pengunjung harus berpindah-pindah. Namun kini seluruh layanan terkoneksi, sehingga dapat mencegah dari hal yang tidak diinginkan. Beberapa layanan yang terkoneksi yakni integrasi WBP, penitipan barang, pengaduan, pendaftaran kunjungan, Yankomas, penitipan uang elektronik, hingga video call.

“PTSP dibangun untuk memberikan akses kemudahan bagi keluarga WBP saat berkunjung serta meminimalkan terjadinya penyelundupan barang terlarang masuk ke Lapas. Ini juga untuk mencegah petugas kami bertatap muka dengan pengunjung yang rawan disalahgunakan,” tegasnya, saat ditemui di Lapas Kelas IIB Batang, Kabupaten Batang, Rabu 14 Agustus 2024.

BACA JUGA:WBP Lapas Batang Diberikan Penyuluhan untuk Dapatkan Bantuan Hukum Gratis

BACA JUGA:Buka Safari Ramadhan 1445 H, Pimti Pratama Kemenkumham Jateng Singgah di Lapas Batang

Salah satu upaya mencegah terjadinya penyelundupan seperti gawai, pungutan liar dan narkotika (Halinar), maka Lapas menjalin kerja sama dengan perbankan, untuk memberikan teladan dalam memberikan pelayanan secara prima. 

“Kami bekerja sama dengan Bank Jabar untuk layanan cashless, BRI untuk Brizzi Lewat Brizzi berbentuk kartu identitas untuk memudahkan transaksi nontunai baik bagi WBP maupun seluruh petugas Lapas,” ungkapnya.

Para petugas juga telah dibekali metode pelayanan prima yang lebih humanis, sehingga pengunjung maupun WBP merasa nyaman. PTSP mendapat sambutan positif dari keluarga WBP, karena efektivitas dan efisiensi dalam layanan.

“Di sisi lain, segala akses kemudahan juga terus ditingkatkan, utamanya bagi mereka yang tergolong orang berkebutuhan khusus,” tandasnya. (nov) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: