5 Tips Merawat Mesin Mobil Matic Agar Kuat Melewati Tanjakan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

5 Tips Merawat Mesin Mobil Matic Agar Kuat Melewati Tanjakan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

5 Tips Merawat Mesin Mobil Matic Agar Kuat Melewati Tanjakan Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh-Youtube.com/Indie Driver-

2. Jaga Suhu Mesin

Tips merawat mesin mobil matic agar tetap prima saat menghadapi tanjakan yang kedua adalah menjaga suhu mesin. Suhu mesin yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai komponen, termasuk transmisi. 

Pastikan sistem pendingin mobil berfungsi dengan baik. Periksa keadaan radiator, kipas pendingin, dan cairan pendingin secara berkala. 

Hindari memaksa mobil melewati tanjakan dengan kecepatan tinggi, terutama saat mesin dalam kondisi panas.

3. Hindari Overloading

Tips merawat mesin mobil matic agar tetap prima saat menghadapi tanjakan yang ketiga adalah menghindari overloading. Beban yang berlebihan akan membuat mesin bekerja lebih keras dan dapat menyebabkan kerusakan pada transmisi. 

BACA JUGA:Dijamin Aman! Inilah 5 Daftar Motor Honda yang Sudah Menggunakan Sistem ABS

BACA JUGA:Skutik Besar Memang Asyik! Inilah 5 Rekomendasi Motor Matic yang Sudah Menggunakan ABS, Harganya Segini

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan beban mobil tidak melebihi kapasitas yang ditentukan. Hindari membawa barang-barang banyak yang tidak terlalu penting dan diperlukan.

4. Perhatikan Posisi Tuas Transmisi

Tips merawat mesin mobil matic agar tetap prima saat menghadapi tanjakan yang keempat adalah dengan memperhatikan posisi tuas transmisi. Saat menghadapi tanjakan, sebaiknya diposisikan tuas transmisi pada mode “L” atau “2”. 

Mode ini akan membuat putaran mesin lebih tinggi sehingga tenaga yang dihasilkan lebih besar. Hindari menggunakan mode “D” secara terus-menerus saat melewati tanjakan karena dapat membuat transmisi bekerja lebih keras dan cepat panas.

5. Servis Berkala

Tips merawat mesin mobil matic agar tetap prima saat menghadapi tanjakan yang kelima adalah menservis berkala. Melakukan servis berkala secara rutin adalah cara terbaik untuk menjaga kondisi mobil agar tetap prima. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Mobil SUV yang Cocok untuk Touring, Salah Satunya Ada Mazda CX-3

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: