Siap Sambut Pendaftaran Cabup dan Cawabup Batang, KPU Batang Gelar Simulasi dan Siapkan Help Desk

Siap Sambut Pendaftaran Cabup dan Cawabup Batang, KPU Batang Gelar Simulasi dan Siapkan Help Desk

KPU Kabupaten Batang menggelar simulasi Pendaftaran Cabup dan Cawabup Batang untuk Pilkada 2024, Senin 26 Agustus 2024. -Radar Pekalongan/Novia Rochmawati-

BATANG, RADAR PEKALONGAN - KPU Kabupaten BATANG menggelar simulasi Pendaftaran Cabup dan Cawabup BATANG untuk Pilkada 2024, Senin 26 Agustus 2024. Langkah ini bertujuan untuk memastikan kelancaran proses pendaftaran yang akan dimulai pada 27 Agustus 2024.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Batang, Ida Susanti, yang memimpin simulasi ini, menegaskan pentingnya persiapan matang dalam menghadapi hari pendaftaran. "Simulasi ini kita laksanakan agar nanti saat proses pendaftaran kita sudah siap sepenuhnya. Kami telah menyiapkan semua yang diperlukan untuk mendukung kelancaran pendaftaran," ujar Ida.

BACA JUGA:5 Parpol di Batang Bisa Usung Pasangan Calon Sendiri pada Pilkada 2024

Ida juga menjelaskan tata cara pendaftaran yang akan berlangsung. Setiap pasangan calon diizinkan membawa maksimal 40 orang ke KPU. "Dari 40 orang tersebut, hanya 10 orang yang diizinkan masuk ke aula untuk mengikuti proses pendaftaran. Sisanya, sebanyak 30 orang, akan menunggu di tenda yang telah kami siapkan di depan gedung KPU," kata Ida.

 Ia juga menambahkan bahwa pihaknya telah mengantisipasi kehadiran tim pengusung dari gabungan partai politik serta keluarga pasangan calon, yang akan diizinkan masuk jika tempat mencukupi.

BACA JUGA:Cegah Kerawanan Pilkada 2024, Kesbangpol Batang Fokus Edukasi Etika Politik

Untuk memastikan semua informasi terkait pendaftaran tersampaikan dengan baik, KPU Batang telah menetapkan jadwal pendaftaran mulai dari tanggal 27 hingga 29 Agustus. 

"Jadwal pendaftaran untuk tanggal 27 dan 28 akan berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 16.00, sedangkan pada tanggal 29 pendaftaran akan dibuka hingga pukul 23.59," jelas Ida.

KPU Batang juga menunjukkan perhatian khusus terhadap calon penyandang disabilitas dengan menyediakan penerjemah yang siap membantu. Ida menekankan pentingnya konsultasi awal bagi para bakal calon.

 "Kami mendorong bakal calon bupati dan wakil bupati untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke KPU terkait kelengkapan berkas persyaratan. Kami menyediakan layanan help desk yang beroperasi setiap hari kerja hingga pukul 16.00," ujarnya.

BACA JUGA:Pindah Haluan, PAN Merapat ke Fauzi Fallas-Ridwan di Pilbup Batang 2024

Ida juga mengungkapkan bahwa beberapa partai politik telah memanfaatkan layanan help desk ini. 

"Kemarin siang, PDI Perjuangan dan PKB sudah berkonsultasi dengan help desk kami. Jika ada berkas yang belum lengkap tetapi sudah dalam proses, nantinya akan ada surat pernyataan yang dapat diperbaiki saat masa perbaikan," tambah Ida.

Untuk menjamin keamanan selama proses pendaftaran, KPU Batang akan mendapat dukungan pengamanan dari Polres Batang, Kodim 0736 Batang, dan Satpol PP Kabupaten Batang. Langkah ini diambil untuk memastikan situasi tetap kondusif selama tahapan pendaftaran berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: