Bangun Kesadaran Siswa Pentingnya Demokrasi, SMA Negeri 1 Kedungwuni, Gelar Pesta Demokrasi

Bangun Kesadaran Siswa Pentingnya Demokrasi, SMA Negeri 1 Kedungwuni, Gelar Pesta Demokrasi

AKTIVITAS - Keseruan aktifitas siswa dalam melakukan ajang demokrasi sekolah.--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dalam rangka membangun kesadaran siswa akan pentingnya demokrasi, SMA Negeri 1 Kedungwuni menggelar pesta demokrasi pemilihan ketua OSIS masa jabatan 2024/2025. Kegiatan pesta demokrasi ini sekaligus menjadi momen projek P5 siswa.

Disampaikan PJ Projek Muhammad Alaika Faza bahwa kegiatan pesta demokrasi ini bertujuan untuk mengedukasi siswa tentang proses pemilihan umum dan kepengawasannya serta meningkatkan kesadaran demokratis.

"Nilai-nilai yang terkandung didalam demokrasi antara lain mengajarkan siswa tentang pentingnya demokrasi, hak-hak mereka, dan tanggung jawab dalam proses pengambilan keputusan," ungkap Faza sapaan akrabnya.

BACA JUGA:Jawab Tantangan Calon Guru Masa Kini, FKIP Unikal Siapkan Program “Calon Guru Profetik Plus”

BACA JUGA:Peserta Didik MTs N 1 Pekalongan Mengikuti Asesmen Bakat Minat 2024

Selain itu, kegiatan yang bertema "suara merdeka, satu suara menentukan masa depan" ini juga mendorong partisipasi aktif, memotivasi siswa untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan sekolah, seperti pemilihan pengurus OSIS, pemilihan tema kegiatan, atau kebijakan sekolah lainnya.

"Setidaknya ada 360 siswa yang turut aktif dalam proses pesta demokrasi sekolah ini. Jadi tidak hanya calon ketua OSIS saja tapi juga melibatkan siswa lainnya," imbuhnya.

Disamping itu Faza menjelaskan bahwa latar belakang dilaksanakan P5 ini adalah mempersiapkan generasi muda sebagai pemilih pemula, bukan hanya tentang pengetahuan akademis, tetapi juga tentang membentuk warga negara yang terlibat dan bertanggung jawab dalam masyarakat demokratis. P5 Suara Demokrasi memberikan latihan praktis dalam partisipasi demokratis, mengajarkan nilai-nilai demokrasi seperti keadilan, kebebasan berpendapat, toleransi, dan penghargaan terhadap perbedaan.

BACA JUGA:Puncak Kuy Fest 5.0 Dimeriahkan Berbagai Lomba dan Kegiatan

BACA JUGA:Ratusan Siswa SD/ MI Kabupaten Pekalongan Ikuti Semarak Harlah ke-41 MTs Salafiyah Wonoyoso

"Harapannya ke depan anak-anak bisa mempraktikkan apa yang diperoleh saat P5 di dalam dunia nyata. Menyadarkan pentingnya demokrasi yang sehat, jujur, adil dan bermartabat," pungkasnya.(mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: