Fresh Graduate Merapat! Kuasai 5 Trik Menulis Deskripsi Diri dalam CV Agar Cepat Dapat Kerja, Seni Memikat HRD

Senin 19-02-2024,06:50 WIB
Reporter : Ana Miratus Sholekhah
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Salah satu hal terpenting yang harus dikuasai oleh fresh graduate dan pencari kerja adalah bagaimana menulis deskripsi diri dalam CV agar cepat dapat kerja.

CV atau curriculum vitae merupakan salah satu dokumen utama yang harus dimiliki oleh seseorang untuk melamar pekerjaan. Di dalam CV, kamu memperkenalkan siapa dirimu, bagaimana latar belakangmu, apa prestasi dan keahlianmu, serta bagaimana visi kariermu.

Jika kamu tidak bisa merancang CV dengan baik, terutama pada bagian deskripsi diri, maka kecil kemungkinan HRD atau recruiter akan melirik dan merekrutmu.

Deskripsi diri dalam CV merupakan salah satu penentu apakah seorang recruiter akan membaca daftar riwayat hidupmu ini sampai akhir atau tidak.

Sebab, dalam deskripsi diri tercantum ringkasan tentang keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang ingin kamu lamar.

Mengingat pentingnya memiliki deskripsi diri yang menarik di CV, berikut akan disajikan beberapa tips untuk menulis deskripsi diri dalam CV agar cepat dapat kerja.

Yuk, simak apa saja trik and tips menulis deskripsi diri dalam CV agar cepat dapat kerja tersebut!

BACA JUGA Tak Hanya Gampang Dapat Kerja! Ini 5 Manfaat Menggunakan LinkedIn bagi Fresh Graduate untuk Bangun Karier

Ringkas dan berasas kejujuran

Kamu bukanlah satu-satunya orang yang melamar untuk pekerjaan tertentu. Bahkan, besar kemungkinan terdapat puluhan hingga ratusan orang yang mendaftar untuk pekerjaan dan posisi yang sama. Itu sebabnya, recruiter dan HRD memiliki waktu yang terbatas untuk melakukan penyeleksian CV.

Deskripsi diri biasanya dijadikan patopan oleh para HRD untuk memutuskan akan mempelajari CV seseorang secara lebih lanjut atau meninggalkannya dan beralih ke CV yang lain.

Oleh karena itu, dalam menulis deskripsi diri dalam CV agar cepat dapat kerja, kamu perlu merangkai kalimat dengan ringkas.

Memang, tidak ada ukuran pasti tentang maksimal jumlah kata dalam CV-mu. Namun, akan lebih baik jika kamu langsung masuk ke intinya dalam menulis deskripsi diri dalam CV agar cepat dapat kerja.

Kamu bisa langsung mencantumkan prestasi akademik, pengalaman, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Penting pula untuk memberikan informasi secara jujur. Sebab, sebaik dan sebagus apa pun deskripsi dirimu, itu tidak akan berarti jika pernyataan di dalamnya merupakan kebohongan. Bahkan, itu bisa menjadi bumerang bagimu di masa mendatang.

Kategori :