Jaga Kebersihan Alun-Alun Kajen, Ini Langkah Pemkab Pekalongan

Minggu 21-07-2024,20:43 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Dony Widyo

KAJEN,RADARPEKALONGAN.CO.ID – Untuk menjaga kebersihan dan keindahannya, Alun-Alun Kajen, Kabupaten Pekalongan, dibersihkan tiga kali dalam sehari oleh petugas kebersihan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH). 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perkim LH Kabupaten Pekalongan, Muhammad Abduh Gazali, melalui Kabid Kebersihan dan Pertamanan, Budi Tulus Suwito, Minggu, 21 Juli 2024. 

Pihaknya menerjunkan enam orang petugas perhari. Petugas ini terbagi dalam tiga shift, yaitu pagi, siang, dan sore, untuk membersihkan area Taman Alun-Alun Kajen.

Alun-Alun Kajen sejak tiga tahun terakhir ini cukup menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya, menyusul dibangunnya berbagai fasilitas di kawasan tersebut.

Kawasan Alun-Alun Kajen saat ini dilengkapi dengan berbagai bangunan yang dapat dijadikan spot foto yang instagramable serta fasilitas taman bermain anak serta lapangan futsal yang dapat dimanfaatkan secara gratis. 

Baca juga:Punya Wajah Baru yang Instagramble Abis, Alun-alun Kajen Siap Jadi Tempat Favorit Ngabuburit di Pekalongan

Bangunan dan fasilitas tersebut antara lain Gapura Asmaul Khusna, pedestrian dengan kursi-kursi taman nan cantik, dan ikon Al Quran yang dilengkapi dengan air mancur warna-warni, taman bunga, Lorong Pelangi, dan Boulevard Cinta.

Ratusan warga mengunjungi Alun-alun Kajen pada hari biasa dan bahkan ribuan warga pada akhir pekan antusias untuk menyaksikan air mancur warna-warni di bawah bangunan ikon Al Quran yang memutar, berfoto di sejumlah spot yang tersedia, bermain bersama keluarga maupun berolah raga futsal di lapangan yang sudah dibangun di kawasan tersebut.   

Kawasan Alun-Alun Kajen, seperti disampaikan Kepala DPU Taru Kabupaten Pekalongan, Murdiarso, melalui Kabid Tata Ruang dan Pertanahan, Abdul Ghony, juga dilengkapi dengan puluhan tong sampah yang tersebar di sejumlah titik. 

"Ada sekitar 20 titik pembuangan sampah hasil CSR Bank Jateng yang ditempatkan di lokasi Taman Alun-alun tahap 1 dan ada sekitar 15 titik pembuangan sampah di lokasi tahap 2," ujar Abdul Ghony. 

Bahkan saat ini pihaknya juga tengah mempersiapkan tampilan area Taman Alun-Alun Kajen untuk menghadapi kegiatan pemkab dan masyarakat yang cukup padat di bulan Agustus mendatang, dengan membersihkan kolam serta melakukan pemeliharaan air mancur, agar tampil maksimal dan memesona. 

"Insya Allah dalam satu hingga dua minggu ini pemeliharaan selesai dan masyarakat bisa menyaksikan kembali atraksi air mancur warna-warni dan ikon Al Quran yang memutar,"  ungkap Abdul Ghony.

Untuk menjaga Taman Alun-Alun tetap bersih, rapi dan indah, pihaknya juga mengimbau kepada para pengunjung untuk ikut bersama-sama menjaga kebersihan kawasan, dengan membuang sampah di tempat yang sudah disediakan, serta ikut menjaga agar fasilitas yang ada dapat bertahan lama dan bermanfaat untuk masyarakat yang lebih luas.

Kategori :