Ribuan Peserta Ikuti UM-PTKIN IAIN Pekalongan

Ribuan Peserta Ikuti UM-PTKIN IAIN Pekalongan

*Digelar Secara Daring

**2.317 Calon Mahasiswa Terdaftar sebagai Peserta UM-PTKIN 2020

KOTA - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan menggelar Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2020 melalui Sistem Seleksi Elektronik (SSE) secara daring pada Senin (3/8/2020) sampai dengan Kamis (6/8/2020). Ada sebanyak 2.317 peserta ujian calon mahasiswa baru yang mengikuti pada kali ini.

Ketua Panitia lokal UM-PTKIN IAIN Pekalongan, Dr. H. Muhlisin, M.Ag. mengatakan bahwa tes melalui SSE yang dilaksanakan secara daring ini merupakan yang pertama dilakukan di lingkungan PTKIN.

"Hal ini merupakan salah satu upaya PTKIN mencegah penyebaran Covid-19 di masa pandemi ini, sehingga dilaksanakanlah tes ini secara daring, agar tidak terjadi kerumunan masa," ungkapnya, saat melakukan monitoring pelaksanaan UM-PTKIN IAIN Pekalongan yang digelar pada hari pertama, kemarin (3/8/2020).

"Dengan telah dilaksanakannya beberapa kali uji coba ujian elektronik secara daring ini, Alhamdulillah pada hari pertama ujian, yang tidak hadir atau tidak login berkurang drastis, hanya sekitar 7,17% dan selebihnya 92,83% login atau mengikuti ujian," imbuhnya.

Lebih lanjut, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN Pekalongan ini berharap, seleksi UM-PTKIN melalui SSE ini berjalan dengan lancar tanpa kendala berarti. "Kita berharap seleksi UM-PTKIN ini berjalan dengan lancar," harapnya.

Sementara itu Kepala Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data, H. Ahmad Rosyid, SE, M.Si, Ak.CA., selaku penanggungjawab SSE panitia lokal IAIN Pekalongan mengatakan, bahwa UM-PTKIN Tahun 2020 melalui SSE yang dilaksanakan daring pada hari pertama ini sebanyak 600 peserta calon mahasiswa baru.

Ujian SSE UM-PTKIN dalam sehari ada 3 kali sesi, dengan perincian dalam sekali sesi ada 10 ruang, yang masing-masing ruang berisi 20 peserta ujian. Jelasnya.

"Sedangkan untuk informasi pengumuman hasil ujian SSE UM-PTKIN akan diumumkan pada tanggal 24 Agustus 2020 melalui laman https://um-ptkin.ac.id dan https://iainpekalongan.ac.id," tambahnya. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: