Motor Susah Hidup ? Ini 10 Penyebab + Cara Ampuh Mengatasinya

Motor Susah Hidup ? Ini 10 Penyebab + Cara Ampuh Mengatasinya

Tetapi, bukan berarti ini bukan masalah. Justru masalah sebenarnya ada pada tenaga motor yang ngempos. Perlu diketahui, besar kecilnya rasio kompresi berbanding lurus dengan tenaga yang dihasilkan.

Untuk memastikannya, Perlu pemeriksaan lebih lanjut menggunakan alat compression tester untuk mengetahui berapa tekanan kompresi motor.

6. Tekanan bahan bakar turun

Pada motor injeksi, pompa bahan bakar merupakan komponen yang tak kalah penting karena tugasnya untuk menekan bensin ke arah injector. Sistem injeksi, memanfaatkan semprotan bensin dari injector.

Agar bensin bisa tersemprot dari injektor, maka tekanan pada saluran bensin harus diperbesar hingga tekanan tertentu.

Masalah motor susah start gara-gara tekanan bahan bakar ini disebabkan oleh sebuah komponen bernama relief valve yang terletak pada unit pompa. Fungsi komponen ini yakni untuk menjaga tekanan bahan bakar tetap tinggi walau mesin mati (pompa tidak beroperasi).

Jika membran pada relief valve lemah, maka komponen ini tidak mampu menjaga tekanan bahan bakar saat mesin mati. Akibatnya, diawal start butuh tiga hingga empat kali starting untuk bisa menghidupkan mesin.

7. Campuran bahan bakar terlalu kurus

Pada motor karburator, sistem tekanan bahan bakar tidak diperlukan karena prinsip karburator yakni menggunakan perbedaan tekanan alamiah didalam venturi dan ruang pelampung.

Didalam venturi inilah bensin akan keluar dengam volume tertentu karena tersedot tekanan yang lebih kecil didam venturi.

Singkatnya, jika suplai bensin ke venturi berlebihan atau justru kurang maka akan mempengaruhi kinerja mesin selanjutnya. Pada campuran kurus atau saat suplai bensin kurang maka motor akan sulut hidup karena terlalu sedikit bensin membuat pembakaran sulit terjadi.

Campuran bisa kurus karena banyak faktor salah satunya setelan bensin yang salah atau ada sumbatan main jet. Untuk menormalkannya, kita perlu melakukan penyetelan ulang juga pembersihan komponen. Untuk urusan pembersihan, akan lebih mudah jika kita membongkarnya.

8. Tahanan kabel busi melonjak

Kabel busi adalah kabel berukuran besar yang menghubungkan coil ke cop busi. Anda bisa melihat kabel ini tepat pada area busi motor. Karena fungsinya menyalurkan listrik tegangan tinggi dari coil, maka tahanan pada kabel ini juga mempengaruhi tegangan akhir yang masuk ke busi.

Ibaratnya, kalau ada hambatan besar pada kabel apakah listrik bisa mengalir dengan lancar ? tentu tidak. Inilah yang terjadi ketika tahanan/hambatan kabel busi melonjak, listrik yang masuk ke busi menjadi lebih kecil sehingga api busi juga kecil bahkan mati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: