Motor Susah Hidup ? Ini 10 Penyebab + Cara Ampuh Mengatasinya

Motor Susah Hidup ? Ini 10 Penyebab + Cara Ampuh Mengatasinya

Untuk menyalakan mesin motor, kita bisa memanfaatkan fitur electric starter. Tinggal pencet, mesin langsung hidup. Atau kalau motor anda tidak dilengkapi electric starter, anda bisa menggunakan kick starter.

Namun, terkadadang proses penghidupan mesin tidak berlangsung seperti yang kita pikirkan. Seharusnya satu kali tekan tombol start mesin langsung nyala, ini perlu tiga hingga lima kali start baru mesin bisa menyala. Kira-kira apa penyebab motor susah start ?

Sistem starter merupakan sebuah rangkaian elektrik yang fungsinya memutar poros engkol untuk memicu pembakaran pertama pada mesin. Dengan kata lain sistem inilah yang bertanggung jawab dalam proses penghidupan mesin.

Namun, kendala motor yang sulit hidup itu bukan hanya disebabkan pada sektor starting system. Ada sektor-sektor lain yang mempengaruhi proses penghidupan mesin. Apa saja penyebabnya, bisa anda simak di bawah

Penyebab Motor Susah distarter

Apabila dipetakan, setidaknya ada tiga empat kelompok yang bisa menimbulkan masalah susah start. Yakni karena masalah sistem starter, masalah busi, masalah bensin, dan tekanan kompresi. Kalau dikupas lebih detail, kita menemukan 10 penyebab motor susah hidup berikut ini.

1. Belum menekan rem dan standar masih aktif

Jika anda memiliki motor matic, pasti untuk menghidupkannya kita perlu menekan salah satu tuas rem. Pada beberapa motor, posisi standar juga harus naik agar starter bisa hidup.

Saat motor anda berjenis matic, langkah awal yakni memastikan kedua komponen ini telah terpenuhi. Jika salah satunya diabaikan pastilah sampai kapanpun starter tidak bisa dihidupkan.

2. Tegangan aki lemah

Masalah selanjutnya bisa menimpa jenis motor apapun. Baik matic, bebek, injeksi, ataupun karbu. Aki merupakan komponen penyimpan arus listrik yang nantinya akan menyuplai kebutuhan listrik salah satunya saat proses starting.

Umumnya, baterai motor memiliki tegangan 12 Volt. Jika kuramg maka ada gejala aki soak atau low battery. Biasanya, untuk tegangan 10 - 12 volt itu normal tapi dibawah 10 volt masuk kedalam kategori lemah.

Saat tegangan baterai lemah, putaran starter itu menjadi lebih lambat. Sementara untuk bisa terjadi pembakaran, poros engkol harus bisa berputar sekitar 450 RPM. Kalau kurang dari itu, maka mesin tidak bisa hidup.

Biasanya, aki lemah juga membawa beberapa gejala lain seperti sistem penerangan yang kurang terang, lampu sein yang kedipnya terlalu cepat hingga klakson yang sember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: