Hari Ini, Habib Luthfi Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari Unnes

Hari Ini, Habib Luthfi Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari Unnes

KOTA - Rais Aam Idarah Aliyah Jamiyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabaroh An-Nahdliyah (Jatman) Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya hari ini (9/11/2020) dijadwalkan akan menerima anugerah Doktor Honoris Causa (Dr HC) dari Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman mengatakan, Habib Luthfi akan menerima gelar Dr HC pada Program Studi Ilmu Pendidikan Bahasa Pascasarjana Unnes Bidang Komunikasi Dakwah dan Sejarah Kebangsaan. Penganugerahan gelar ini akan dilaksanakan di Aula kampus Unnes Pasekaran Gunungpati, Semarang

"Di forum itu Habib Luthfi akan menyampaikan orasi ilmiah berjudul Strategi Komunikasi Pemberdayaan Umat Dan Sejarah Kebangsaan," kata Prof Fatkhur sebsgaimana dilansir NU Online Jateng.

Disampaikan Rektor Unnes, penganugerahan doktor kehormatan ini merupakan wujud keikutsertaan Unnes bersama masyarakat dalam memuliakan dan mengungkapkan rasa hormat, cinta, dan bangga kepada salah satu ulama, guru, dan sekaligus tokoh kharismatik yang telah banyak berkontribusi kepada bangsa dan negara.

"Selama ini Habib Luthfi dikenal sebagai sosok atau figur yang tidak kenal lelah dalam gerakan peningkatan rasa nasionalisme dan kebangsaan melalui berbagai cara. Salah satunya yang menonjol adalah melalui jalur seni dakwah yang menyejukkan," tegasnya.

Dikatakan, melalui aktivitas-aktivitas seni dan dakwahnya, tokoh yang juga Ketua Forum Ulama Sufi Dunia tersebut mampu menyejukan suasana di tengah dinamisnya demokrasi, sehingga keutuhan dan persatuan bangsa Indonesia yang dibangun di atas kebinekaan tetap terpelihara.

Kepala UPT Humas Unnes, Muhammad Burhan mengatakan, promotor penganugerahan DR HC Habib Lutfi bin Yahya ini adalah Prof Fatkhur Rokhman (Rektor Unnes) sedang copromotornya adalah Prof Imam Taufiq (Rektor UIN Wali Songo Semarang) dengan anggota Prof Zaenuri dan Prof Agus Nuryatin.

Sementara, Asisten Pribadi Habib Luthfi bin Yahya, Zamroni, menambahkan bahwa ratusan santri/muhibbin yang ada di pelbagai daerah bakal hadir pada acara tersebut

"Ini sebagai bentuk penghormatan terhadap guru tercinta. Meski tempatnya dibatasi, tak menyurutkan langkah mereka untuk hadir," jelasnya.

Disampaikan Zamroni, dalam pidato pengukuhan Habib Luthfi akan menyampaikan makalah berjudul 'Strategi Komunikasi Pemberdayaan Umat dan Sejarah Kebangsaan' dan sudah disiapkan naskahnya oleh tim khusus. Namun demikian, tak menutup kemungkinan Habib Luthfi akan menyampaikan pidato tanpa teks.

Zamroni juga menjelaskan rangkaian acara pengukuhan, yakni Senin (9/11/2020) pemberian gelar kehormatan di kanpus Unnes Semarang. Lalu pada Selasa (10/11/2020) pagi, bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan, Habib Luthfi akan mengadakan ziarah ke makam pahlawan di Pekalongan.

Berikutnya, malam harinya, akan digelar tasyakuran penganugerahan, ulang tahun ke-73 Habib Luthfi, dan peresmian Koperasi Jatman 'Rejaning Karyo' oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, bertempat di kediaman Habib Luthfi. Disebutkan pula ada beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju akan hadir pada acara tersebut. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: