Duh, Hasil Panen Bawang Merah Tak Maksimal

Duh, Hasil Panen Bawang Merah Tak Maksimal

HASIL - Akibat faktor cuaca yang sering turun hujan, hasil panen tanaman bawang merah di Kabupaten Kendal tidak bisa maksimal. -Nur Kholid-

*Terdampak Cuaca, Petani Hanya Balik Modal

 

KENDAL - Kondisi intensitas curah hujan yang tinggi selama musim tanam ternyata berdampak terhadap kualitas hasil panen bawang merah. Akibatnya, hasil panen bawang kai ini pun tercatat kurang maksimal.

 

Diketahui, masa tanam bawang merah selama tiga bulan terakhir berbarengan dengan musim hujan. Terlebih, sejak Desember sampai awal Maret kemarin juga dibayangi oleh cuaca ekstrem, yang ditandai oleh hujan lebat disertai angin kencang. 

 

Hal ini berdampak pada kualitas bawang merah petani, di mana kualitas buah bawang atau umbi menjadi lebih kecil, sehingga kuantitas hasil panen pun berkurang. Kondisi ini pun turut dikeluhkan para petani bawang merah di Kabupaten Kendal.  

 

Seperti yang dialami Badri, petani di Desa Bangunsari, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal. Ia mengakui hasil panen bawang merahnya kali ini tidak sesuai dengan yang diharapkan. Namun masih termasuk kategori normal, karena harga bawang merah saat ini tergolong tidak anjlog, sehingga tidak mengalami kerugian. “Rugi sih tidak, cuma balik modal saja. Ya itu, untungnya harga bawang merah di pasaran tidak jeblog,” katanya, Senin (13/3/2023)

 

Menurut Badri, penyebab tanaman bawang merah tidak maksimal, karena sering turun hujan. Meski tidak terkena banjir, namun adanya curah hujan yang tinggi menjadikan tanaman menjadi tidak sehat. “Penyebabnya karena sering hujan, jadi ini berpengaruh ke kualitas hasil panen. Mungkin kalau cuacanya bagus, hasilnya bisa lebih baik,” terangnya.

 

Badri berharap, pemerintah memberikan subsidi harga untuk petani bawang merah. Pasalnya, harga pupuk dan obat-obatan sudah terlalu tinggi, sehingga petani kesulitan mendapatkan keuntungan dari penjualan hasil panen bawang merah. “Harapannya ya ada subsidi,” harapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: